Once published, remains public and stays forever

Tahukah anda bahwa data apapun yang diletak pada media sosial menjadi konsumsi publik dan tetap berada disana selamanya?

Menjadi konsumsi publik bisa berarti bahwa data seseorang kemudian hari dapat digunakan oleh orang lain secara ilegal dan digunakan untuk tujuan tertentu lainnya.
Tetap berada disana selamanya dalam artian data yang sudah dipublikasikan akan disimpan pada server media sosialnya dan walaupun sudah dihapus, data tersebut tetap ada pada server tersebut.

Well, it’s about Data Privacy.

Read More

Apa itu Footprinting?

Footprinting adalah langkah awal sebelum penyerang (attacker) melakukan penyerangan, yakni mengumpulkan informasi mengenai target, yang tujuannya adalah untuk merangkai apa yang ditemukan (blueprint dari suatu jaringan), sehingga ia mendapatkan gambaran yang jelas tentang sistem keamanan yang dimiliki target. Informasi yang ditampilkan dalam kegiatan ini, dapat berupa sejarah perusahaan, nama domain, VPN (Virtual Private Network) point, nomor telepon, nama orang-orang yang terkait di dalamnya, alamat email perusahaan, hubungan dengan perusahaan lain, lokasi perusahaan, topologi peta dan informasi penting lainnya.

Read More

Social Engineering??

Isu tentang keamanan ber-Internet sudah tidak asing lagi di zaman Fiber Optic ini. Sudah banyak terlihat, terdengar, bahkan mungkin pernah mengalami kasus tentang kelihaian seseorang dalam mengelabui orang lain untuk mendapatkan aset (berupa informasi berharga) dari orang lain tersebut (Social engineering). Apakah anda termasuk kategori yang pernah membaca, mendengar atau bahkan mengalami hal tersebut?

That is a Social Engineering technique.

Read More