Back-to-office Security: Terkait celah keamanan siber

Apa yang perlu anda ketahui terkait Back-to-office Security? . Seiring dengan penerapan new normal terkait dengan pandemi covid-19, banyak perusahaan atau kantor yang mulai mempertimbangkan kembalinya pekerja mereka ke kantor. Seperti laporan terbaru dari Accenture, “the dominant thought at the current time is that some form of hybrid setup will become the norm, with employees sometimes working from home, sometimes from the office, and sometimes from third places, such as cafes or co-working spaces“. Masing-masing pilihan tempat kerja tersebut tentu memberikan pertimbangan terhadap celah keamanan siber yang perlu dipikirkan oleh perusahaan dan juga karyawan tersebut jika kembali bekerja di kantor. Third-places adalah istilah yang cocok untuk menggambarkan sebuah tempat yang memberikan rasa nyaman untuk bekerja yang dekat dari rumah namun tidak terisolasi seperti dirumah dan merasa sendirian seperti ketika bekerja dari rumah.

Read More

Once published, remains public and stays forever

Tahukah anda bahwa data apapun yang diletak pada media sosial menjadi konsumsi publik dan tetap berada disana selamanya?

Menjadi konsumsi publik bisa berarti bahwa data seseorang kemudian hari dapat digunakan oleh orang lain secara ilegal dan digunakan untuk tujuan tertentu lainnya.
Tetap berada disana selamanya dalam artian data yang sudah dipublikasikan akan disimpan pada server media sosialnya dan walaupun sudah dihapus, data tersebut tetap ada pada server tersebut.

Well, it’s about Data Privacy.

Read More

Social Engineering??

Isu tentang keamanan ber-Internet sudah tidak asing lagi di zaman Fiber Optic ini. Sudah banyak terlihat, terdengar, bahkan mungkin pernah mengalami kasus tentang kelihaian seseorang dalam mengelabui orang lain untuk mendapatkan aset (berupa informasi berharga) dari orang lain tersebut (Social engineering). Apakah anda termasuk kategori yang pernah membaca, mendengar atau bahkan mengalami hal tersebut?

That is a Social Engineering technique.

Read More