Dosen
Laboran
Fasilitas Lab

Deskripsi Program Studi
Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Politeknik Negeri Batam fokus untuk menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi pada bidang multimedia serta memiliki kemampuan tambahan di bidang informatika untuk menghasilkan karya teknologi yang dapat berguna serta dapat diimplementasikan di dunia industri. Secara umum, mahasiswa prodi Teknologi Rekayasa Multimedia akan menempuh perkuliahan selama 8 semester atau 4 tahun.
Selama perkuliahan, mahasiswa prodi Teknologi Rekayasa Multimedia akan mendapatkan pengalaman langsung praktek di lapangan dengan memanfaatkan peralatan praktek seperti kamera, drawing tablet, dan sebagainya. Lulusan prodi Teknologi Rekayasa Multimedia akan dibekali beberapa sertifikasi yang akan berguna di dunia industri seperti sertifikasi Junior Desain Grafis dan Adobe Certified Association.

Unique Point
Pembelajaran pada prodi Teknologi Rekayasa Multimedia menerapkan Project-Based Learning (PBL). Dalam model pembelajaran ini, mahasiswa akan bekerja dalam tim dan menyelesaikan proyek berdasarkan masalah yang berasal dari industri. Dengan PBL, mahasiswa dapat melakukan eksplorasi dan observasi guna mendapatkan solusi dari permasalahan yang ada. Dengan adanya masalah yang berasal dari industri, mahasiswa akan belajar tentang bekerja dalam tim, mencari solusi sesuai dengan kondisi di dunia kerja, dan berkomitmen dalam menyelesaikan proyek tepat waktu.
Model pembelajaran PBL dapat diikuti oleh mahasiswa sejak semester 2 sampai dengan semester 6 perkuliahan. Pengalaman mengerjakan PBL ini menjadi bekal bagi mahasiswa ketika melaksanakan magang industri dan membuat tugas akhir. Selain itu, prodi Teknologi Rekayasa Multimedia memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk bisa mendapatkan pengalaman tambahan di luar kampus dengan mengikuti program-program yang ditawarkan dalam Merdeka Belajar. Beberapa program yang bisa diikuti oleh mahasiswa adalah pertukaran pelajar, asisten mengajar, dan kegiatan berwirausaha.

Akreditasi Program Studi
Akreditasi Program Studi adalah proses penilaian dan validasi kualitas suatu program studi oleh badan akreditas yang independen. Keberhasilan akreditasi program studi dapat diukur dengan tingkat kepuasan mahasiswa, kinerja alumni, dan reputasi institusi di bidang akademik dan profesional. Akreditasi program studi yang baik dapat membantu memperbaiki kualitas pendidikan, meningkatkan daya saing mahasiswa, dan memberikan jaminan bagi para pengguna lulusan program studi tersebut.
Berdasarkan Keputusan LAM INFOKOM No. 022/SK/LAM-INFOKOM/Ak.PNB/Str/X/2023 menyatakan bahwa program studi Teknologi Rekayasa Multimedia pada Program Sarjana Terapan Politeknik Negeri Batam, memenuhi syarat peringkat akreditasi Baik Sekali sejak tanggal 29 Maret 2023 sampai 29 Maret 2028.
Visi Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Menjadi program studi vokasional yang bermutu, unggul, adaptif, inovatif, dan bermitra erat dengan industri dan masyarakat di bidang multimedia untuk mendukung Indonesia Maju dan Sejahtera 2045.

Misi Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Aktif dalam proses kreasi, penyebaran dan penerapan sains dan teknologi di bidang multimedia melalui layanan pendidikan tinggi vokasi dan penelitian terapan yang bermutu, terbuka, relevan, dan berkolaborasi erat dengan masyarakat dan industri dengan penerapan tata kelola institusi yang baik untuk kehidupan bangsa yang lebih baik.

Tujuan dari Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
1. Terwujudnya layanan, sumber daya dan ouput pembelajaran dan penelitian di bidang multimedia yang bermutu, akses terbuka, inovatif, relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat.
2. Terwujudnya program studi yang transparan, akuntabel, produktif, dan bermutu.

Sasaran Strategis Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
1. Meningkatnya mutu, akses, relevansi dari layanan, sumberdaya dan output pembelajaran vokasi di bidang multimedia
2. Meningkatnya mutu dan relevansi penelitian, publikasi hasil penelitian serta kemampuan penerapan iptek dan inovasi di bidang multimedia.
3. Meningkatnya transparansi, akuntabilitas, produktivitas berorientasi kelestarian lingkungan dan mutu layanan, serta tata kelola program studi.

Profil Lulusan
Setiap lulusan Program Studi DIV Teknologi Rekayasa Multimedia memiliki kompetensi :
-
1. Graphic Designer
a. Menciptakan karya desain bedasarkan alternatif konsep berlandaskan prinsip desain dan komunikasi;
b. Menyusun dan mengukur penyelesaian design brief dan memformulasikan serta mendokumentasikan proses desain secara utuh, hingga materi siap produksi/tayang ;
c. Menyusun dan mempresentasikan isi pemikiran dan proses pembuatan karya desain;
d. Mengembangkan kualitas pekerjaan yang meningkatkan reputasi organisasi, keilmuan, dan profesi;
-
2. Photographer
a. Mengidentifikasi dan mengembangan gagasan dari konsumen;
b. Melakukan pembagian tugas dan koordinasi dalam tim kerja;
c. Menerapkan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada bidang fotografi;
d. Menentukan jenis peralatan fotografi untuk pengambilan gambar;
e. Menentukan arah, warna, dan kualitas cahaya untuk pemotretan;
-
3. Scriptwriter
a. Menulis dan mengembangkan naskah;
b. Membuat konsep cerita yang sesuai dengan visi produser dan kebutuhan audiens;
c. Melakukan riset mendalam untuk memastikan keakuratan dan relevansi cerita;
d. Menyusun struktur dan alur cerita;
e. Kolaborasi dengan Tim Produksi;
-
4. UI/UX Designer
a. Merancang antarmuka pengguna dengan mengadakan elemen visual seperti tombol, ikon, warna, dan tata letak, mendesain interaksi dan konsistensi setiap elemen,berdasarkan alternatif solusi penyelesaian masalah secara konseptual dan strategis, berlandaskan prinsip desain yang dikaitkan dengan prinsip komunikasi dan interaksi;
b. Melakukan riset pengguna untuk dapat mempelajari kebutuhan, preferensi, dan perilaku pengguna serta menganalisis profil pengguna;
c. Membuat prototipe antarmuka dan melakukan sejumlah tes kepada pengguna, hingga melakukan evaluasi dan pembaruan berdasarkan hasil evaluasi (proses iterasi);
d. Menyusun dan mengukur penyelesaian design brief dan memformulasikan serta mendokumentasikan proses desain secara utuh, hingga materi desain antarmuka pengguna yang siap tayang;
e. Menyusun dan mempresentasikan isi pemikiran dan proses pembuatan karya desain antarmuka pengguna;
f. Mengembangkan kualitas pekerjaan yang meningkatkan reputasi organisasi, keilmuan, dan profesi;
-
5. Video Editor
a. Memilih dan mengedit cuplikan video;
b. Memasukkan grafis, teks, dan elemen visual lainnya ke dalam produksi video;
c. Berkolaborasi dengan produser untuk memastikan bahwa konten video sesuai dengan tujuan;
d. Memotong dan mengatur konten video sehingga mengalir dengan lancar sesuai dengan format yang telah ditentukan;
e. Bekerja dengan cepat dan efisien untuk memenuhi jadwal, termasuk menghadapi perubahan mendadak dan memprioritaskan tugas sesuai kepentingan;
-
6. Videographer
a. Mengidentifikasi dan mengembangan gagasan dari konsumen;
b. Melakukan pembagian tugas dan koordinasi dalam tim kerja;
c. Menerapkan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada bidang fotografi;
d. Menentukan jenis peralatan fotografi untuk pengambilan gambar;
e. Melakukan pengambilan gambar;
f. Membuat rencana dan melakukan pengambilan gambar bergerak singkat (video clip);
Profil Profesional Mandiri (Program Educational Objectives)
Program Educational Objective (PEO) atau Profil Profesional Mandiri adalah pernyataan yang
secara luas menggambarkan karir dan pencapaian profesional yang dipersiapkan oleh program untuk dicapai lulusan beberapa tahun setelah lulus dari program pendidikan.
Profil Profesional Mandiri yang didefinisikan untuk Program Studi Sarjana Terapan
Teknologi Rekayasa Multimedia yang ditargetkan dicapai 3 hinggga 5 tahun setelah lulus
antara lain:
- Mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah secara kreatif, inovatif, profesional serta menghasilkan produk serta jasa di bidang multimedia sesuai dengan
perkembangan teknologi yang tepat guna dan beretika.
- Terlibat dalam kegiatan pengembangan karir profesional dan mempertahankan keunggulan kompetitif dalam pembelajaran seumur hidup melalui pendidikan lebih lanjut, penelitian
terapan dan kegiatan profesional lainnya.
- Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, memiliki kepemimpinan dan jiwa kewirausahaan dan mampu berkolaborasi dengan industri dan masyarakat untuk menghasilkan produk dan jasa
multimedia
Peluang Kerja Lulusan
Lulusan Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia, telah berhasil terserap di dunia usaha dan industri, diantaranya perusahaan IT, BUMN, perusahaan pertambangan, perusahaan manufaktur, perbankan, Pegawai Negeri Sipil, dan wirausaha. Setelah mengikuti perkuliahan selama 8 semester, maka diharapkan para lulusan akan dapat menepati posisi kerja sebagai berikut:
Menciptakan elemen visual untuk media cetak dan digital. Diperlukan di berbagai industri, termasuk periklanan, penerbitan, dan desain web.
Menghasilkan gambar yang menarik untuk berbagai keperluan, termasuk editorial, periklanan, dan dokumentasi acara.
Menciptakan naratif untuk film, televisi atau media digital. Diperlukan keahlian dalam menulis cerita yang menarik dan dialog yang kuat.
Bertanggung jawab untuk memproses, mengedit, dan menyusun elemen suara dalam produksi audiovisual. Diperlukan di industri film, televisi, dan produksi musik.
Membuat gambar-gambar sketsa yang menggambarkan urutan cerita untuk film, video game atau produksi lainnya. Penting untuk merencanakan visual sebelum produksi.
Fokus pada antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna. Dibutuhkan di industri teknologi, desain aplikasi, dan situs web untuk meningkatkan keterlibatan pengguna.
Mengedit dan menyusun rekaman video untuk menciptakan karya yang menarik. Diperlukan di industri film, televisi, dan produksi konten digital.
Bertanggung jawab untuk merekam video dengan kualitas visual yang baik. Diperlukan di berbagai sektor, termasuk jurnalisme, produksi film, dan industry periklanan.
Memiliki pengetahuan dasar kewirausahaan dengan memanfaatkan teknologi multimedia.
Capaian Pembelajaran
Capaian pembelajaran (CP) Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia merujuk pada PERMENDIKBUD No. 3 Tahun 2020 dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi serta memiliki level sesuai dengan jenjang Kualifikasi nasional Indonesia/KKNI (Perpres No.8 Tahun 2014). Setiap lulusan Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia memiliki capaian pembelajaran sebagai berikut:
-
Sikap
1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
10. Menginternalisasi semangat kemandirian, keuangan dan kewirausahaan;
-
Pengetahuan
1. Mampu menguasai konsep teoretis sains alam, seni dan matematika terapan secara umum;
2. Mampu menguasai konsep teoretis sains reka cipta, prinsip reka cipta secara mendalam;
3. Mampu menguasai konsep dan prinsip tahapan produksi multimedia dengan menerapkan teknologi mutakhir yang dapat diimplementasikan menjadi produk multimedia yang siap digunakan;
4. Mampu menerapkan prinsip kerjasama dalam tim, komunikasi efektif, manajemen konflik, kolaborasi, serta keterampilan interpersonal;
5. Mampu menerapkan prinsip dan teknik berkomunikasi efektif secara lisan dan tulisan dalam bidang multimedia;
6. Mampu menguasai pengetahuan, prinsip dan tata cara kerja di studio dan kegiatan workspace, serta pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L);
7. Mampu menguasai pengetahuan, faktual tentang perkembangan teknologi mutakhir.
-
Keterampilan Umum
1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan;
2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu , terukur dan disiplin;
3. Mampu mengembangkan dan mengaplikasikan ide-ide kreatif;
4. Memiliki jiwa kewirausahaan (entrepreneurship), kemampuan managerial dan leadership;
5. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
6. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
7. Mampu berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris berkualitas baik khususnya di lingkungan organisasi, perusahaan dan industri;
8. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni;
9. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerjasama didalam maupun di luar lembaganya.
-
Keterampilan Khusus
1. Mampu menerapkan pengetahuan, teknik, keterampilan dan peralatan modern, matematika, sains, teknik, dan teknologi untuk memecahkan masalah, memberikan solusi bisnis secara luas sesuai dengan disiplin ilmu multimedia, dan dapat memperbarui diri secara mandiri dalam pembelajaran sepanjang hayat;
2. Mampu menganalisa, mengidentifikasi, dan merancang solusi untuk masalah teknis yang terdefinisi dan bekerjasama dalam membuat desain sistem, komponen, atau proses yang sesuai dengan disiplin ilmu multimedia;
3. Mampu menerapkan komunikasi tertulis, lisan, dan grafis dalam lingkungan teknis dan non-teknis secara luas serta mampu mengidentifikasi dan menggunakan literatur teknis yang sesuai;
4. Mampu berfungsi secara efektif sebagai anggota tim teknis.
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Pemetaan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia Terhadap CPL IABEE Engineering Technologist:
- Mampu mengidentifikasi dan menerapkan pengetahuan yang dibutuhkan dalam matematika, ilmu alam, komputasi, dasar-dasar rekayasa, dan keahlian teknik yang sesuai dengan disiplin untuk prosedur, proses, sistem, atau metodologi rekayasa yang telah ditentukan dan diterapkan.
- Mampu mengidentifikasi, menyimpulkan, merumuskan, meneliti dan mengevaluasi literatur, serta menganalisis permasalahan rekayasa yang didefinisikan secara luas dengan mencapai kesimpulan yang dapat dibuktikan menggunakan alat analisis yang sesuai dengan disiplin atau bidang spesialisasi.
- Mampu merancang komponen, konten audio visual dan interaktif untuk memenuhi kebutuhan yang teridentifikasi dalam menyelesaikan permasalahan rekayasa yang didefinisikan secara luas dan sesuai dengan disiplin, dengan mempertimbangkan dampaknya dalam aspek kesehatan, keselamatan, ekonomi, hukum, masyarakat, dan lingkungan.
- Mampu menemukan, memilih, dan mengorganisasi data relevan dari sumber referensi dan literatur; serta merancang dan melakukan eksperimen untuk menghasilkan kesimpulan yang valid dalam investigasi terhadap permasalahan rekayasa yang didefinisikan secara luas.
- Mampu menggunakan dan memanfaatkan semua sumber daya dan teknologi yang dibutuhkan, termasuk prediksi dan pemodelan, untuk menyelesaikan permasalahan rekayasa yang didefinisikan secara luas.
- Mampu secara konsisten mematuhi etika profesional dan norma praktik teknologi rekayasa termasuk kepatuhan terhadap hukum nasional dan internasional, dengan menghormati keberagaman dan inklusi.
- Mampu berfungsi secara efektif dalam menyelesaikan berbagai tugas, baik secara individu maupun sebagai anggota atau pemimpin dalam tim yang beragam, inklusif, dan multidisipliner di berbagai lingkungan kerja.
- Mampu menerapkan komunikasi tertulis, lisan, dan grafis secara efektif dan inklusif dalam berbagai komunitas dan lingkungan yang didefinisikan secara luas dengan memperhatikan perbedaan budaya, bahasa, dan cara belajar.
- Mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen rekayasa dalam proyek, baik sebagai anggota maupun pemimpin dalam tim multidisipliner.
- Mampu secara mandiri melakukan pengembangan diri dan pembelajaran sepanjang hayat, serta berpikir kritis dan inovatif.
Kurikulum
Kurikulum adalah perangkat mata kuliah dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan
-
Semester 1
-
Semester 2
-
Semester 3
-
Semester 4
-
Semester 5
-
Semester 6
-
Semester 7
- Semester 8
Fasilitas
Laboratorium
- All
- Game dan VR
- Multimedia
- Animasi
Team
Dosen

Happy Yugo Prasetiya, S.Sn., M.Sn
Kepala Program Studi - Dosen
Bidang Keahlian : Desain Komunikasi Visual & Animasi

Andri Albertha Pratama, S.Tr.Kom., M.Sn
Koordinator Laboran Jur If - Dosen
Bidang Spesialis : Pengkajian Film

Gendhy Dwi Harlyan, S.Sn.,M.Sn
Dosen
Bidang Keahlian : Audio Visual

Sandi Prasetyaningsih, S.ST., M.Media
Dosen
Bidang Keahlian : Media

Arta Uly Siahaan, S.Pd, M.Pd
Dosen
Bidang Spesialis : Pendidikan Bahasa Inggris

Muchamad Fajri Amirul Nasrullah, S.ST., M.Sc
Dosen
Bidang Keahlian : Video Coding, Video Effect, Mobile Application

Fadli Suandi, S.T., M.Kom.
Dosen
Bidang Keahlian : Human Computer Interaction, Photography, Multimedia

Rini Amadia, S.Sn., M.Sn
Dosen
Bidang Spesialis : Desain Grafis

Aragani Timur Kanistren, S.Sn., M.Sn
Dosen
Bidang Keahlian : Skenario Naskah Televisi dan Videografi

Yusuf Rizky Nur C. S.Sn., M.A
Dosen
Bidang Spesialis : Seni musik, Musik komposer, Music arranger

Chairoel Adam, S.Ds., M.Sn
Dosen
Bidang Spesialis : Desain Komunikasi Visual

Rusyda Nazhirah Yunus, S.S.,M.Si
Dosen
Bidang Spesialis : Bahasa Indonesia

Berliansyah Rumodhon, S.Pd.,M.Sn
Dosen
Bidang Spesialis : Musik

Kawan Pandiangan S.Sn.,M.Sn
Dosen
Bidang Spesialis : Music, Ethnomusicology, Performing Arts
Team
Laboran

Banu Filasuf, S.Tr.
Laboran
Bidang Keahlian : Desain Grafis

Alfian, S.ST.
Laboran
Bidang Spesialis : Broadcasting

Widya Putri Ramadhani, S.Tr.Kom
Laboran
Bidang Spesialis : UI/UX, Motion Graphic

Miftahul Husna Ghawa, S.Tr.Kom
Laboran
Bidang Spesialis : UI/UX Design, Graphic Design, Branding, Visual Identity