Dosen
Laboran
Fasilitas Lab
Deskripsi Program Studi
Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Politeknik Negeri Batam fokus untuk menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi pada bidang multimedia serta memiliki kemampuan tambahan di bidang informatika untuk menghasilkan karya teknologi yang dapat berguna serta dapat diimplementasikan di dunia industri. Secara umum, mahasiswa prodi Teknologi Rekayasa Multimedia akan menempuh perkuliahan selama 8 semester atau 4 tahun.
Selama perkuliahan, mahasiswa prodi Teknologi Rekayasa Multimedia akan mendapatkan pengalaman langsung praktek di lapangan dengan memanfaatkan peralatan praktek seperti kamera, drawing tablet, dan sebagainya. Lulusan prodi Teknologi Rekayasa Multimedia akan dibekali beberapa sertifikasi yang akan berguna di dunia industri seperti sertifikasi Junior Desain Grafis dan Adobe Certified Association.
Unique Point
Pembelajaran pada prodi Teknologi Rekayasa Multimedia menerapkan Project-Based Learning (PBL). Dalam model pembelajaran ini, mahasiswa akan bekerja dalam tim dan menyelesaikan proyek berdasarkan masalah yang berasal dari industri. Dengan PBL, mahasiswa dapat melakukan eksplorasi dan observasi guna mendapatkan solusi dari permasalahan yang ada. Dengan adanya masalah yang berasal dari industri, mahasiswa akan belajar tentang bekerja dalam tim, mencari solusi sesuai dengan kondisi di dunia kerja, dan berkomitmen dalam menyelesaikan proyek tepat waktu.
Model pembelajaran PBL dapat diikuti oleh mahasiswa sejak semester 2 sampai dengan semester 6 perkuliahan. Pengalaman mengerjakan PBL ini menjadi bekal bagi mahasiswa ketika melaksanakan magang industri dan membuat tugas akhir. Selain itu, prodi Teknologi Rekayasa Multimedia memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk bisa mendapatkan pengalaman tambahan di luar kampus dengan mengikuti program-program yang ditawarkan dalam Merdeka Belajar. Beberapa program yang bisa diikuti oleh mahasiswa adalah pertukaran pelajar, asisten mengajar, dan kegiatan berwirausaha.
Akreditasi Program Studi
Akreditasi Program Studi adalah proses penilaian dan validasi kualitas suatu program studi oleh badan akreditas yang independen. Keberhasilan akreditasi program studi dapat diukur dengan tingkat kepuasan mahasiswa, kinerja alumni, dan reputasi institusi di bidang akademik dan profesional. Akreditasi program studi yang baik dapat membantu memperbaiki kualitas pendidikan, meningkatkan daya saing mahasiswa, dan memberikan jaminan bagi para pengguna lulusan program studi tersebut.
Berdasarkan Keputusan LAM INFOKOM No. 022/SK/LAM-INFOKOM/Ak.PNB/Str/X/2023 menyatakan bahwa program studi Teknologi Rekayasa Multimedia pada Program Sarjana Terapan Politeknik Negeri Batam, memenuhi syarat peringkat akreditasi Baik Sekali sejak tanggal 29 Maret 2023 sampai 29 Maret 2028.
Visi Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Menjadi program studi vokasional yang bermutu, unggul, adaptif, inovatif, dan bermitra erat dengan industri dan masyarakat di bidang multimedia untuk mendukung Indonesia Maju dan Sejahtera 2045.
Misi Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Aktif dalam proses kreasi, penyebaran dan penerapan sains dan teknologi di bidang multimedia melalui layanan pendidikan tinggi vokasi dan penelitian terapan yang bermutu, terbuka, relevan, dan berkolaborasi erat dengan masyarakat dan industri dengan penerapan tata kelola institusi yang baik untuk kehidupan bangsa yang lebih baik.
Tujuan dari Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
1. Terwujudnya layanan, sumber daya dan ouput pembelajaran dan penelitian di bidang multimedia yang bermutu, akses terbuka, inovatif, relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat.
2. Terwujudnya program studi yang transparan, akuntabel, produktif, dan bermutu.
Sasaran Strategis Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
1. Meningkatnya mutu, akses, relevansi dari layanan, sumberdaya dan output pembelajaran vokasi di bidang multimedia
2. Meningkatnya mutu dan relevansi penelitian, publikasi hasil penelitian serta kemampuan penerapan iptek dan inovasi di bidang multimedia.
3. Meningkatnya transparansi, akuntabilitas, produktivitas berorientasi kelestarian lingkungan dan mutu layanan, serta tata kelola program studi.
Profil Lulusan
Setiap lulusan Program Studi DIV Teknologi Rekayasa Multimedia memiliki kompetensi :
-
1. Graphic Designer
a. Mengidentifikasi prinsip dasar komunikasi;
b. Mengidentifikasi design brief;
c. Membuat garis besar karya desain;
d. Mengilustrasikan prinsip dasar desain;
e. Mengoptimalkan perangkat lunak desain;
-
2. Photographer
a. Mengidentifikasi permintaan klien/pengguna jasa/pemberi kerja;
b. Mengelola pra pemotretan;
c. Mengelola pemotretan;
d. Mengelola pasca pemotretan;
e. Menganalisis biaya produksi;
f. Memprioritaskan K3 dalam pemotretan;
g. Memeriksa hasil kerja;
h. Mengelola pekerjaan dalam konteks organisasi ;
-
3. Script Writer
a. Memprioritaskan keterampilan menggunakan Bahasa Indonesia;
b. Menelaah konsep cerita;
c. Mengoptimalkan treatment cerita film;
d. Mengoptimalkan skenario film ;
-
4. Sound Editor
a. Menganalisis skenario dari aspek suara;
b. Mengidentifikasi perencanaan rekaman suara di lapangan;
c. Mengelola setting peralatan;
d. Mengelola rehearsal;
e. Mengelola perekaman;
f. Mengedit materi hasil rekaman ;
-
5. Storyboard Artist
a. Mengilustrasikan naskah kedalam gambar;
b. Mengidentifikasi sudut pandang dan pergerakan kamera dalam storyboard;
3. Mengilustrasikan gambar penceritaan;
-
6. UI/UX Designer
a. Membuat blueprint user interface (UI);
b. Menganalisis user experience (UX);
-
7. Video Editor
a. Mengoptimalkan spesifikasi program ;
b. Mengidentifikasi persiapan editing;
c. Mengidentifikasi prinsip, teknik, dan manajemen editing;
d. Mengedit video dan audio sesuai naskah;
e. Membuat dasar pengelompokan video dan audio;
f. Mengoptimalkan export hasil editing menjadi file video dengan format yang diperlukan;
-
8. Videographer
a. Mengidentifikasi rencana kamera;
b. Mengelola kamera;
c. Menata komposisi dan pengoperasian kamera;
d. Menata fokus;
-
9. Enterpreneur
a. Menganalisis survey pasar atas suatu produk
b. Menganalisis studi proses produksi suatu produk
c. Menganalisis jenis produk yang akan diusahakan
d. Mengelola rencana produksi
e. Menguji promosi produk
Peluang Kerja Lulusan
Lulusan Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia, telah berhasil terserap di dunia usaha dan industri, diantaranya perusahaan IT, BUMN, perusahaan pertambangan, perusahaan manufaktur, perbankan, Pegawai Negeri Sipil, dan wirausaha. Setelah mengikuti perkuliahan selama 8 semester, maka diharapkan para lulusan akan dapat menepati posisi kerja sebagai berikut:
Menciptakan elemen visual untuk media cetak dan digital. Diperlukan di berbagai industri, termasuk periklanan, penerbitan, dan desain web.
Menghasilkan gambar yang menarik untuk berbagai keperluan, termasuk editorial, periklanan, dan dokumentasi acara.
Menciptakan naratif untuk film, televisi atau media digital. Diperlukan keahlian dalam menulis cerita yang menarik dan dialog yang kuat.
Bertanggung jawab untuk memproses, mengedit, dan menyusun elemen suara dalam produksi audiovisual. Diperlukan di industri film, televisi, dan produksi musik.
Membuat gambar-gambar sketsa yang menggambarkan urutan cerita untuk film, video game atau produksi lainnya. Penting untuk merencanakan visual sebelum produksi.
Fokus pada antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna. Dibutuhkan di industri teknologi, desain aplikasi, dan situs web untuk meningkatkan keterlibatan pengguna.
Mengedit dan menyusun rekaman video untuk menciptakan karya yang menarik. Diperlukan di industri film, televisi, dan produksi konten digital.
Bertanggung jawab untuk merekam video dengan kualitas visual yang baik. Diperlukan di berbagai sektor, termasuk jurnalisme, produksi film, dan industry periklanan.
Memiliki pengetahuan dasar kewirausahaan dengan memanfaatkan teknologi multimedia.
Capaian Pembelajaran
Capaian pembelajaran (CP) Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia merujuk pada PERMENDIKBUD No. 3 Tahun 2020 dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi serta memiliki level sesuai dengan jenjang Kualifikasi nasional Indonesia/KKNI (Perpres No.8 Tahun 2014). Setiap lulusan Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia memiliki capaian pembelajaran sebagai berikut:
-
Sikap
1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
10. Menginternalisasi semangat kemandirian, keuangan dan kewirausahaan;
-
Pengetahuan
1. Mampu menguasai konsep teoretis sains alam, seni dan matematika terapan secara umum;
2. Mampu menguasai konsep teoretis sains reka cipta, prinsip reka cipta secara mendalam;
3. Mampu menguasai konsep dan prinsip tahapan produksi multimedia dengan menerapkan teknologi mutakhir yang dapat diimplementasikan menjadi produk multimedia yang siap digunakan;
4. Mampu menerapkan prinsip kerjasama dalam tim, komunikasi efektif, manajemen konflik, kolaborasi, serta keterampilan interpersonal;
5. Mampu menerapkan prinsip dan teknik berkomunikasi efektif secara lisan dan tulisan dalam bidang multimedia;
6. Mampu menguasai pengetahuan, prinsip dan tata cara kerja di studio dan kegiatan workspace, serta pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L);
7. Mampu menguasai pengetahuan, faktual tentang perkembangan teknologi mutakhir.
-
Keterampilan Umum
1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan;
2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu , terukur dan disiplin;
3. Mampu mengembangkan dan mengaplikasikan ide-ide kreatif;
4. Memiliki jiwa kewirausahaan (entrepreneurship), kemampuan managerial dan leadership;
5. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
6. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
7. Mampu berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris berkualitas baik khususnya di lingkungan organisasi, perusahaan dan industri;
8. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni;
9. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerjasama didalam maupun di luar lembaganya.
-
Keterampilan Khusus
1. Mampu menerapkan pengetahuan, teknik, keterampilan dan peralatan modern, matematika, sains, teknik, dan teknologi untuk memecahkan masalah, memberikan solusi bisnis secara luas sesuai dengan disiplin ilmu multimedia, dan dapat memperbarui diri secara mandiri dalam pembelajaran sepanjang hayat;
2. Mampu menganalisa, mengidentifikasi, dan merancang solusi untuk masalah teknis yang terdefinisi dan bekerjasama dalam membuat desain sistem, komponen, atau proses yang sesuai dengan disiplin ilmu multimedia;
3. Mampu menerapkan komunikasi tertulis, lisan, dan grafis dalam lingkungan teknis dan non-teknis secara luas serta mampu mengidentifikasi dan menggunakan literatur teknis yang sesuai;
4. Mampu berfungsi secara efektif sebagai anggota tim teknis.
Kurikulum
Kurikulum adalah perangkat mata kuliah dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan
-
Semester 1
-
Semester 2
-
Semester 3
-
Semester 4
-
Semester 5
-
Semester 6
-
Semester 7
- Semester 8
Fasilitas
Laboratorium
- All
- Game dan VR
- Multimedia
- Animasi
Team
Dosen
Sandi Prasetyaningsih, S.ST., M.Media
Ketua Program Studi - Dosen
Bidang Keahlian : Media
Andri Albertha Pratama, S.Tr.Kom., M.Sn
Ketua Laboran Jur If - Dosen
Bidang Spesialis : Pengkajian Film
Ari Wibowo,ST, MT
Dosen
Bidang Spesialis : Data Mining, Data Structure, Software Engineering
Uuf Brajawidagda, S.T., M.T., Ph.D
Dosen
Bidang Spesialis : Sistem Informasi, E-Government
Riwinoto,ST,M.Kom
Dosen
Bidang Keahlian : Game,simulasi, teknologi reality dan kewirausahaan
Andy Triwinarko,ST, M.T., Ph.D
Dosen
Bidang Keahlian : Telecommunication, Informatics
Evaliata Br. Sembiring, S.Kom., M.Cs
Dosen
Bidang Keahlian : Computer Sains-Artificial Intelligent, Multimedia Content
Mir'atul Khusna Mufida,S.ST, M.Sc
Dosen
Bidang Spesialis : Data Science, Artificial Intelligence
Yeni Rokhayati, S.Si., M.Sc
Dosen
Bidang Keahlian : Data Science
Dwi Ely Kurniawan, S.Pd., M.Kom
Dosen
Bidang Spesialis : Information System, Mobile Programming, Computer Network, Multimedia Learning
Maria, S.ST, M.Sn
Dosen
Bidang Keahlian : Multimedia Technology and Animation
Arta Uly Siahaan, S.Pd, M.Pd
Dosen
Bidang Spesialis : Pendidikan Bahasa Inggris
Muchamad Fajri Amirul Nasrullah, S.ST., M.Sc
Dosen
Bidang Keahlian : Video Coding, Video Effect, Mobile Application
Agung Riyadi, S.Si., M.Kom
Dosen
Bidang Spesialis : Game and Simulation, Computer Science, Image Processing, Data Minning
Fadli Suandi, S.T., M.Kom.
Dosen
Bidang Keahlian : Human Computer Interaction, Photography, Multimedia
Rini Amadia, S.Sn., M.Sn
Dosen
Bidang Spesialis : Desain Grafis
Aragani Timur Kanistren, S.Sn., M.Sn
Dosen
Bidang Keahlian : Skenario Naskah Televisi dan Videografi
Ardiman Firmanda, S.ST., M.Tr.Kom.
Dosen
Bidang Keahlian : Game dan Multimedia
Yusuf Rizky Nur C. S.Sn., M.A
Dosen
Bidang Spesialis : Seni musik, Musik komposer, Music arranger
Chairoel Adam, S.Ds., M.Sn
Dosen
Bidang Spesialis : Desain Komunikasi Visual
Team
Laboran
Banu Filasuf, S.Tr.
Laboran
Bidang Keahlian : Desain Grafis
Alfian, S.ST.
Laboran
Bidang Spesialis : Broadcasting
Nanda Putra Perkasa S.Tr.Kom.
Laboran
Bidang Spesialis : Game
Widya Putri Ramadhani, S.Tr.Kom
Laboran
Bidang Spesialis : Motion Grafis, UI/UX