Dosen
Laboran
Tata Usaha
Fasilitas Lab
Deskripsi Program Studi
Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Politeknik Negeri Batam fokus untuk menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi pada bidang multimedia serta memiliki kemampuan tambahan di bidang informatika untuk menghasilkan karya teknologi yang dapat berguna serta dapat diimplementasikan di dunia industri. Secara umum, mahasiswa prodi Teknologi Rekayasa Multimedia akan menempuh perkuliahan selama 8 semester atau 4 tahun.
Selama perkuliahan, mahasiswa prodi Teknologi Rekayasa Multimedia akan mendapatkan pengalaman langsung praktek di lapangan dengan memanfaatkan peralatan praktek seperti kamera, drawing tablet, dan sebagainya. Lulusan prodi Teknologi Rekayasa Multimedia akan dibekali beberapa sertifikasi yang akan berguna di dunia industri seperti sertifikasi Junior Desain Grafis dan Adobe Certified Association.
Unique Point
Pembelajaran pada prodi Teknologi Rekayasa Multimedia menerapkan Project-Based Learning (PBL). Dalam model pembelajaran ini, mahasiswa akan bekerja dalam tim dan menyelesaikan proyek berdasarkan masalah yang berasal dari industri. Dengan PBL, mahasiswa dapat melakukan eksplorasi dan observasi guna mendapatkan solusi dari permasalahan yang ada. Dengan adanya masalah yang berasal dari industri, mahasiswa akan belajar tentang bekerja dalam tim, mencari solusi sesuai dengan kondisi di dunia kerja, dan berkomitmen dalam menyelesaikan proyek tepat waktu.
Model pembelajaran PBL dapat diikuti oleh mahasiswa sejak semester 2 sampai dengan semester 6 perkuliahan. Pengalaman mengerjakan PBL ini menjadi bekal bagi mahasiswa ketika melaksanakan magang industri dan membuat tugas akhir. Selain itu, prodi Teknologi Rekayasa Multimedia memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk bisa mendapatkan pengalaman tambahan di luar kampus dengan mengikuti program-program yang ditawarkan dalam Merdeka Belajar. Beberapa program yang bisa diikuti oleh mahasiswa adalah pertukaran pelajar, asisten mengajar, dan kegiatan berwirausaha.
Akreditasi Program Studi
Akreditasi Program Studi adalah proses penilaian dan validasi kualitas suatu program studi oleh badan akreditas yang independen. Keberhasilan akreditasi program studi dapat diukur dengan tingkat kepuasan mahasiswa, kinerja alumni, dan reputasi institusi di bidang akademik dan profesional. Akreditasi program studi yang baik dapat membantu memperbaiki kualitas pendidikan, meningkatkan daya saing mahasiswa, dan memberikan jaminan bagi para pengguna lulusan program studi tersebut.
Berdasarkan Keputusan LAM INFOKOM No. 022/SK/LAM-INFOKOM/Ak.PNB/Str/X/2023 menyatakan bahwa program studi Teknologi Rekayasa Multimedia pada Program Sarjana Terapan Politeknik Negeri Batam, memenuhi syarat peringkat akreditasi Baik Sekali sejak tanggal 29 Maret 2023 sampai 29 Maret 2028.
Sejarah Program Studi
Politeknik Negeri Batam berdiri pada tahun 2000 berdasarkan Akta Pendirian Notaris Soehendro Gautama, SH, Tgl 30 Mei 2000 No 115 Yayasan Pendidikan Batam sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di bawah Yayasan Pendidikan Batam yang berasal dari ITB, UNRI, Pemko Batam dan Otorita Batam dan diresmikan oleh Mendiknas RI berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional bulan Oktober No. 235/D/O/2000 dengan membuka tiga Program Studi (Prodi) baru yaitu Program Studi Diploma tiga Akuntansi, Program Studi Diploma tiga Teknik Elektronika, dan Program Studi Diploma tiga Aplikasi Perangkat Lunak.
Penggunaan nama Teknik Informatika sendiri baru dimulai sejak tahun 2008 sesudah diterbitkannya Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 163/DIKTI/KEP/2007 tentang Penataan dan Kodifikasi Program Studi Pada Perguruan Tinggi. Seiring dengan perkembangan kinerja dan prestasi yang telah ditunjukkan Politeknik Batam selama satu dasawarsa, tepat pada 18 Oktober tahun 2010, pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 26 tahun 2010 menetapkan Politeknik Batam secara resmi sebagai Politeknik Negeri dan tetap dengan tiga program studi sebelumnya.
Perkembangan kelembagaan Polibatam yang semakin pesat ditandai dengan penugasan dari Ditjen DIKTI pada tahun 2011 untuk membuka lima program studi baru, salah satunya adalah Program Studi Diploma Empat Teknik Multimedia dan Jaringan (MJ). Program studi ini kemudian diresmikan operasionalnya pada tahun 2012 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 158/E/O/2012 tentang penyelenggaraan program-program studi baru pada Politeknik Negeri Batam. Sejak saat itu, Jurusan Teknik Informatika mengelola dua program studi, yaitu D3 Teknik Informatika dan D4 Teknik Multimedia dan Jaringan. Kehadiran Prodi MJ menjadi penting karena cakupan keilmuan yang ditawarkan sangat luas, meliputi pemrograman, teknologi jaringan, dan multimedia, yang semuanya merupakan kompetensi yang sangat dibutuhkan industri. Selain itu, kebutuhan industri kreatif digital di kota Batam menjadi salah satu pendorong utama relevansi program studi ini.
Perubahan Menjadi TRM
Seiring perkembangannya, kurikulum dan capaian pembelajaran Prodi MJ terus mengalami penyesuaian untuk menjawab tuntutan industri dan perkembangan teknologi. Evaluasi akademik yang dilakukan Polibatam menunjukkan bahwa identitas keilmuan Prodi MJ semakin berfokus pada ranah rekayasa multimedia, produksi konten digital, dan teknologi kreatif, sementara aspek jaringan tidak lagi menjadi pilar utama seperti pada awal pendiriannya. Selain itu pada Surat Keputusan Nomenklatur yang dikeluarkan oleh Diksi Nomor 27/D/M/2022 Prodi Teknik Multimedia dan Jaringan sudah tidak ada.
Selanjutnya Polibatam melalui dokumen Polibatam Nomor 1006/PL29/VI/2023 yang menyatakan bahwa Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan memerlukan perubahan nama menjadi Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia serta memastikan kesesuaian capaian pembelajaran antara nama lama dan nama baru. Dokumen pendamping bernomor 1007/PL29/VI/2023 juga menyajikan perbandingan rinci antara capaian pembelajaran kedua nama tersebut, yang menunjukkan bahwa orientasi utama program kini lebih tepat direpresentasikan oleh nomenklatur Teknologi Rekayasa Multimedia, mengingat penekanan kurikulumnya berada pada penguasaan rekayasa konten multimedia, proses produksi audiovisual, desain interaktif, serta pengembangan produk digital berbasis teknologi kreatif.
Urgensi perubahan nama ini kemudian diakomodasi secara resmi oleh pemerintah melalui Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 219/D/OT/2023 yang menetapkan perubahan nama Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan Program Sarjana Terapan menjadi Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia Program Sarjana Terapan pada Politeknik Negeri Batam. Keputusan tersebut menjadi dasar hukum utama dalam penggunaan nama baru program studi serta memastikan keabsahan operasionalnya di tingkat nasional. Penetapan ini juga diikuti oleh pengakuan Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (LAM-INFOKOM) melalui SK Nomor 022/SK/LAM-INFOKOM/Ak.PNB/STr/X/2023, di mana proses akreditasi terbaru Polibatam menggunakan nomenklatur Teknologi Rekayasa Multimedia. Pada bagian pertimbangan keputusan tersebut secara jelas dicantumkan bahwa perubahan nama program studi telah disahkan melalui SK Mendikbudristek Nomor 219/D/OT/2023, sehingga nama Teknologi Rekayasa Multimedia telah menjadi nomenklatur baku dan wajib digunakan dalam penyelenggaraan dan penjaminan mutu program studi.
Visi Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Menjadi program studi vokasional yang bermutu, unggul, adaptif, inovatif, dan bermitra erat dengan industri dan masyarakat di bidang multimedia untuk mendukung Indonesia Maju dan Sejahtera 2045.
Misi Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Aktif dalam proses kreasi, penyebaran dan penerapan sains dan teknologi di bidang multimedia melalui layanan pendidikan tinggi vokasi dan penelitian terapan yang bermutu, terbuka, relevan, dan berkolaborasi erat dengan masyarakat dan industri dengan penerapan tata kelola institusi yang baik untuk kehidupan bangsa yang lebih baik.
Tujuan dari Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
1. Terwujudnya layanan, sumber daya dan ouput pembelajaran dan penelitian di bidang multimedia yang bermutu, akses terbuka, inovatif, relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat.
2. Terwujudnya program studi yang transparan, akuntabel, produktif, dan bermutu.
Sasaran Strategis Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
1. Meningkatnya mutu, akses, relevansi dari layanan, sumberdaya dan output pembelajaran vokasi di bidang multimedia
2. Meningkatnya mutu dan relevansi penelitian, publikasi hasil penelitian serta kemampuan penerapan iptek dan inovasi di bidang multimedia.
3. Meningkatnya transparansi, akuntabilitas, produktivitas berorientasi kelestarian lingkungan dan mutu layanan, serta tata kelola program studi.
Profil Lulusan
Setiap lulusan Program Studi DIV Teknologi Rekayasa Multimedia memiliki kompetensi :
-
1. Graphic Designer
a. Menciptakan karya desain bedasarkan alternatif konsep berlandaskan prinsip desain dan komunikasi;
b. Menyusun dan mengukur penyelesaian design brief dan memformulasikan serta mendokumentasikan proses desain secara utuh, hingga materi siap produksi/tayang ;
c. Menyusun dan mempresentasikan isi pemikiran dan proses pembuatan karya desain;
d. Mengembangkan kualitas pekerjaan yang meningkatkan reputasi organisasi, keilmuan, dan profesi;
-
2. Photographer
a. Mengidentifikasi dan mengembangan gagasan dari konsumen;
b. Melakukan pembagian tugas dan koordinasi dalam tim kerja;
c. Menerapkan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada bidang fotografi;
d. Menentukan jenis peralatan fotografi untuk pengambilan gambar;
e. Menentukan arah, warna, dan kualitas cahaya untuk pemotretan;
-
3. Scriptwriter
a. Menulis dan mengembangkan naskah;
b. Membuat konsep cerita yang sesuai dengan visi produser dan kebutuhan audiens;
c. Melakukan riset mendalam untuk memastikan keakuratan dan relevansi cerita;
d. Menyusun struktur dan alur cerita;
e. Kolaborasi dengan Tim Produksi;
-
4. UI/UX Designer
a. Merancang antarmuka pengguna dengan mengadakan elemen visual seperti tombol, ikon, warna, dan tata letak, mendesain interaksi dan konsistensi setiap elemen,berdasarkan alternatif solusi penyelesaian masalah secara konseptual dan strategis, berlandaskan prinsip desain yang dikaitkan dengan prinsip komunikasi dan interaksi;
b. Melakukan riset pengguna untuk dapat mempelajari kebutuhan, preferensi, dan perilaku pengguna serta menganalisis profil pengguna;
c. Membuat prototipe antarmuka dan melakukan sejumlah tes kepada pengguna, hingga melakukan evaluasi dan pembaruan berdasarkan hasil evaluasi (proses iterasi);
d. Menyusun dan mengukur penyelesaian design brief dan memformulasikan serta mendokumentasikan proses desain secara utuh, hingga materi desain antarmuka pengguna yang siap tayang;
e. Menyusun dan mempresentasikan isi pemikiran dan proses pembuatan karya desain antarmuka pengguna;
f. Mengembangkan kualitas pekerjaan yang meningkatkan reputasi organisasi, keilmuan, dan profesi;
-
5. Video Editor
a. Memilih dan mengedit cuplikan video;
b. Memasukkan grafis, teks, dan elemen visual lainnya ke dalam produksi video;
c. Berkolaborasi dengan produser untuk memastikan bahwa konten video sesuai dengan tujuan;
d. Memotong dan mengatur konten video sehingga mengalir dengan lancar sesuai dengan format yang telah ditentukan;
e. Bekerja dengan cepat dan efisien untuk memenuhi jadwal, termasuk menghadapi perubahan mendadak dan memprioritaskan tugas sesuai kepentingan;
-
6. Videographer
a. Mengidentifikasi dan mengembangan gagasan dari konsumen;
b. Melakukan pembagian tugas dan koordinasi dalam tim kerja;
c. Menerapkan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada bidang fotografi;
d. Menentukan jenis peralatan fotografi untuk pengambilan gambar;
e. Melakukan pengambilan gambar;
f. Membuat rencana dan melakukan pengambilan gambar bergerak singkat (video clip);
Profil Profesional Mandiri (Program Educational Objectives)
Program Educational Objective (PEO) atau Profil Profesional Mandiri adalah pernyataan yang
secara luas menggambarkan karir dan pencapaian profesional yang dipersiapkan oleh program untuk dicapai lulusan beberapa tahun setelah lulus dari program pendidikan.
Profil Profesional Mandiri yang didefinisikan untuk Program Studi Sarjana Terapan
Teknologi Rekayasa Multimedia yang ditargetkan dicapai 3 hinggga 5 tahun setelah lulus
antara lain:
- Mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah secara kreatif, inovatif, profesional serta menghasilkan produk serta jasa di bidang multimedia sesuai dengan
perkembangan teknologi yang tepat guna dan beretika.
- Terlibat dalam kegiatan pengembangan karir profesional dan mempertahankan keunggulan kompetitif dalam pembelajaran seumur hidup melalui pendidikan lebih lanjut, penelitian
terapan dan kegiatan profesional lainnya.
- Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, memiliki kepemimpinan dan jiwa kewirausahaan dan mampu berkolaborasi dengan industri dan masyarakat untuk menghasilkan produk dan jasa
multimedia
Peluang Kerja Lulusan
Lulusan Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia, telah berhasil terserap di dunia usaha dan industri, diantaranya perusahaan IT, BUMN, perusahaan pertambangan, perusahaan manufaktur, perbankan, Pegawai Negeri Sipil, dan wirausaha. Setelah mengikuti perkuliahan selama 8 semester, maka diharapkan para lulusan akan dapat menepati posisi kerja sebagai berikut:
Menciptakan elemen visual untuk media cetak dan digital. Diperlukan di berbagai industri, termasuk periklanan, penerbitan, dan desain web.
Menghasilkan gambar yang menarik untuk berbagai keperluan, termasuk editorial, periklanan, dan dokumentasi acara.
Menciptakan naratif untuk film, televisi atau media digital. Diperlukan keahlian dalam menulis cerita yang menarik dan dialog yang kuat.
Bertanggung jawab untuk memproses, mengedit, dan menyusun elemen suara dalam produksi audiovisual. Diperlukan di industri film, televisi, dan produksi musik.
Membuat gambar-gambar sketsa yang menggambarkan urutan cerita untuk film, video game atau produksi lainnya. Penting untuk merencanakan visual sebelum produksi.
Fokus pada antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna. Dibutuhkan di industri teknologi, desain aplikasi, dan situs web untuk meningkatkan keterlibatan pengguna.
Mengedit dan menyusun rekaman video untuk menciptakan karya yang menarik. Diperlukan di industri film, televisi, dan produksi konten digital.
Bertanggung jawab untuk merekam video dengan kualitas visual yang baik. Diperlukan di berbagai sektor, termasuk jurnalisme, produksi film, dan industry periklanan.
Memiliki pengetahuan dasar kewirausahaan dengan memanfaatkan teknologi multimedia.
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Pemetaan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia Terhadap CPL IABEE Engineering Technologist:
- Mampu mengidentifikasi dan menerapkan pengetahuan yang dibutuhkan dalam matematika, ilmu alam, komputasi, dasar-dasar rekayasa, dan keahlian teknik yang sesuai dengan disiplin untuk prosedur, proses, sistem, atau metodologi rekayasa yang telah ditentukan dan diterapkan.
- Mampu mengidentifikasi, menyimpulkan, merumuskan, meneliti dan mengevaluasi literatur, serta menganalisis permasalahan rekayasa yang didefinisikan secara luas dengan mencapai kesimpulan yang dapat dibuktikan menggunakan alat analisis yang sesuai dengan disiplin atau bidang spesialisasi.
- Mampu merancang komponen, konten audio visual dan interaktif untuk memenuhi kebutuhan yang teridentifikasi dalam menyelesaikan permasalahan rekayasa yang didefinisikan secara luas dan sesuai dengan disiplin, dengan mempertimbangkan dampaknya dalam aspek kesehatan, keselamatan, ekonomi, hukum, masyarakat, dan lingkungan.
- Mampu menemukan, memilih, dan mengorganisasi data relevan dari sumber referensi dan literatur; serta merancang dan melakukan eksperimen untuk menghasilkan kesimpulan yang valid dalam investigasi terhadap permasalahan rekayasa yang didefinisikan secara luas.
- Mampu menggunakan dan memanfaatkan semua sumber daya dan teknologi yang dibutuhkan, termasuk prediksi dan pemodelan, untuk menyelesaikan permasalahan rekayasa yang didefinisikan secara luas.
- Mampu secara konsisten mematuhi etika profesional dan norma praktik teknologi rekayasa termasuk kepatuhan terhadap hukum nasional dan internasional, dengan menghormati keberagaman dan inklusi.
- Mampu berfungsi secara efektif dalam menyelesaikan berbagai tugas, baik secara individu maupun sebagai anggota atau pemimpin dalam tim yang beragam, inklusif, dan multidisipliner di berbagai lingkungan kerja.
- Mampu menerapkan komunikasi tertulis, lisan, dan grafis secara efektif dan inklusif dalam berbagai komunitas dan lingkungan yang didefinisikan secara luas dengan memperhatikan perbedaan budaya, bahasa, dan cara belajar.
- Mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen rekayasa dalam proyek, baik sebagai anggota maupun pemimpin dalam tim multidisipliner.
- Mampu secara mandiri melakukan pengembangan diri dan pembelajaran sepanjang hayat, serta berpikir kritis dan inovatif.
Kurikulum
Kurikulum adalah perangkat mata kuliah dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan
-
Semester 1
-
Semester 2
-
Semester 3
-
Semester 4
-
Semester 5
-
Semester 6
-
Semester 7
- Semester 8
Fasilitas
Laboratorium
- All
- Game dan VR
- Multimedia
- Animasi
Team
Dosen
Happy Yugo Prasetiya, S.Sn., M.Sn
Kepala Program Studi - Dosen
Bidang Keahlian : Desain Komunikasi Visual & Animasi
Gendhy Dwi Harlyan, S.Sn.,M.Sn
Dosen
Bidang Keahlian : Audio Visual
Sandi Prasetyaningsih, S.ST., M.Media
Dosen
Bidang Keahlian : Media
Arta Uly Siahaan, S.Pd, M.Pd
Dosen
Bidang Spesialis : Pendidikan Bahasa Inggris
Muchamad Fajri Amirul Nasrullah, S.ST., M.Sc
Dosen
Bidang Keahlian : Video Coding, Video Effect, Mobile Application
Fadli Suandi, S.T., M.Kom.
Dosen
Bidang Keahlian : Human Computer Interaction, Photography, Multimedia
Rini Amadia, S.Sn., M.Sn
Dosen
Bidang Spesialis : Desain Grafis
Aragani Timur Kanistren, S.Sn., M.Sn
Dosen
Bidang Keahlian : Skenario Naskah Televisi dan Videografi
Yusuf Rizky Nur C. S.Sn., M.A
Dosen
Bidang Spesialis : Seni musik, Musik komposer, Music arranger
Chairoel Adam, S.Ds., M.Sn
Dosen
Bidang Spesialis : Desain Komunikasi Visual
Rusyda Nazhirah Yunus, S.S.,M.Si
Dosen
Bidang Spesialis : Bahasa Indonesia
Berliansyah Rumodhon, S.Pd.,M.Sn
Dosen
Bidang Spesialis : Musik
Kawan Pandiangan S.Sn.,M.Sn
Dosen
Bidang Spesialis : Music, Ethnomusicology, Performing Arts
Dr. Uuf Brajawidagda, S.T., M.T., Ph.D
Dosen
Bidang Spesialis : Sistem Informasi, E-Government
Ir. Dwi Ely Kurniawan, S.Pd., M.Kom
Dosen
Bidang Spesialis : Information System, Mobile Programming, Computer Network, Multimedia Learning
Ir. Maria, S.ST., M.Sn., IPP
Dosen
Bidang Spesialis : Multimedia Technology and Animation
Selly Artaty Zega, S.ST., M.Sc
Dosen
Bidang Spesialis : Digital Media Technology
Liony Lumombo, S.ST., M.IDes
Dosen
Bidang Spesialis : Game UI/UX Design dan HCI
Ir. Luthfiya Ratna Sari, S.Si., M.T.
Dosen
Bidang Spesialis : Aplikasi Sistem Informasi Geografis, Penginderaan Jauh, Kartografi
Dwi Amalia Purnamasari, S.T., M.Cs.
Dosen
Bidang Spesialis : Software Development, Supply Chain Management, & Forecasting
Anis Rahmi, S.Tr. Kom., M.Sn
Dosen
Bidang Spesialis : 2D skeletal animation, 3D Animation Workflow (Rigging, Lighting, Render & Compositing) , Object-oriented computer animation
Amirul Mu'minin, S.Ds, M.Ds.
Dosen
Bidang Spesialis : Desain Grafis, Game Desain, Visual Effect
Cahya Miranto, S.S.T, M.Tr.Kom
Dosen
Bidang Spesialis : Animasi 3D
Luki Aswar, M.Pd.
Dosen
Bidang Spesialis : Pendidikan Bahasa Indonesia
Suwarno, S.S., M.Pd
Dosen
Bidang Spesialis : Systemic Functional Linguistics, Computational Linguistics
Ardiman Firmanda, S.S.T, M.Tr.Kom
Dosen
Bidang Spesialis : Musik
Team
Laboran
Andri Albertha Pratama, S.Tr.Kom., M.Sn
Koordinator Laboran Jur IF
Bidang Spesialis : Pengkajian Film
Banu Filasuf, S.Tr.
Laboran
Bidang Keahlian : Desain Grafis
Alfian, S.ST.
Laboran
Bidang Spesialis : Broadcasting
Ahmad Saropi, S.Tr.Kom
Laboran
Bidang Spesialis : Desain & Animasi 3D
Aldino Saputra, S.S. T
Laboran
Bidang Spesialis : Animasi 3D
Widya Putri Ramadhani, S.Tr.Kom
Laboran
Bidang Spesialis : Multimedia
Gerson Julyfer Parulian Tambun, S.Tr.T
Laboran
Bidang Spesialis : Animasi
Miftahul Husna Ghawa, S.Tr.Kom
Laboran
Bidang Spesialis : UI/UX Design, Graphic Design, Branding, Visual Identity
Team
Tata Usaha
Novia syafitriani, S.Tr.Akun
Tata Usaha
Bidang Spesialis : -
Dede Nurdiansyah, S.Sos
Tata Usaha
Bidang Spesialis : Kajian Islam
Rhanna Mawira, S.E
Tata Usaha
Bidang Spesialis : Akuntansi









