Dosen
Laboran
Fasilitas Lab

Deskripsi Program Studi
Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia Politeknik Negeri Batam fokus untuk menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi pada bidang multimedia dan jaringan serta memiliki kemampuan tambahan di bidang informatika untuk menghasilkan karya teknologi yang dapat berguna serta dapat diimplementasikan di dunia industri. Secara umum, mahasiswa prodi Teknologi Rekayasa Multimedia akan menempuh perkuliahan selama 8 semester atau 4 tahun.
Selama perkuliahan, mahasiswa prodi Teknologi Rekayasa Multimedia akan mendapatkan pengalaman langsung praktek di lapangan dengan memanfaatkan peralatan praktek seperti kamera, drawing tablet, arduino, dan sebagainya. Lulusan prodi Teknologi Rekayasa Multimedia akan dibekali beberapa sertifikasi yang akan berguna di dunia industri seperti sertifikasi Junior Desain Grafis, Sertifikasi Junior Web Programmer, dan Adobe Certified Association.

Unique Point
Pembelajaran pada prodi Teknologi Rekayasa Multimedia menerapkan Project-Based Learning (PBL). Dalam model pembelajaran ini, mahasiswa akan bekerja dalam tim dan menyelesaikan proyek berdasarkan masalah yang berasal dari industri. Dengan PBL, mahasiswa dapat melakukan eksplorasi dan observasi guna mendapatkan solusi dari permasalahan yang ada. Dengan adanya masalah yang berasal dari industri, mahasiswa akan belajar tentang bekerja dalam tim, mencari solusi sesuai dengan kondisi di dunia kerja, dan berkomitmen dalam menyelesaikan proyek tepat waktu.
Model pembelajaran PBL dapat diikuti oleh mahasiswa sejak semester 2 sampai dengan semester 6 perkuliahan. Pengalaman mengerjakan PBL ini menjadi bekal bagi mahasiswa ketika melaksanakan magang industri dan membuat tugas akhir. Selain itu, prodi Teknologi Rekayasa Multimedia memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk bisa mendapatkan pengalaman tambahan di luar kampus dengan mengikuti program-program yang ditawarkan dalam Merdeka Belajar. Beberapa program yang bisa diikuti oleh mahasiswa adalah pertukaran pelajar, asisten mengajar, dan kegiatan berwirausaha.

Akreditasi Program Studi
Akreditasi Program Studi adalah proses penilaian dan validasi kualitas suatu program studi oleh badan akreditas yang independen. Keberhasilan akreditasi program studi dapat diukur dengan tingkat kepuasan mahasiswa, kinerja alumni, dan reputasi institusi di bidang akademik dan profesional. Akreditasi program studi yang baik dapat membantu memperbaiki kualitas pendidikan, meningkatkan daya saing mahasiswa, dan memberikan jaminan bagi para pengguna lulusan program studi tersebut.
Berdasarkan Keputusan LAM INFOKOM No. 016/Sl/LAM-INFOKOM/Ak/Str/III/2023 menyatakan bahwa program studi Teknologi Rekayasa Multimedia pada Program Sarjana Terapan Politeknik Negeri Batam, memenuhi syarat peringkat akreditasi Baik Sekali sejak tanggal 29 Maret 2023 sampai 29 Maret 2028.
Visi Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Menjadi program studi vokasional yang bermutu, unggul, adaptif, inovatif, dan bermitra erat dengan industri dan masyarakat di bidang multimedia dan jaringan untuk mendukung Indonesia Maju dan Sejahtera 2045.

Misi Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Aktif dalam proses kreasi, penyebaran dan penerapan sains dan teknologi di bidang multimedia dan jaringan melalui layanan pendidikan tinggi vokasi dan penelitian terapan yang bermutu, terbuka, relevan, dan berkolaborasi erat dengan masyarakat dan industri dengan penerapan tata kelola institusi yang baik untuk kehidupan bangsa yang lebih baik.

Tujuan dari Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
1. Terwujudnya layanan, sumber daya dan ouput pembelajaran dan penelitian di bidang multimedia dan jaringan yang bermutu, akses terbuka, inovatif, relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat.
2. Terwujudnya program studi yang transparan, akuntabel, produktif, dan bermutu.

Sasaran Strategis Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
1. Meningkatnya mutu, akses, relevansi dari layanan, sumberdaya dan output pembelajaran vokasi di bidang multimedia dan jaringan.
2. Meningkatnya mutu dan relevansi penelitian, publikasi hasil penelitian serta kemampuan penerapan iptek dan inovasi di bidang multimedia dan jaringan.
3. Meningkatnya transparansi, akuntabilitas, produktivitas berorientasi kelestarian lingkungan dan mutu layanan, serta tata kelola program studi.

Profil Lulusan
Setiap lulusan Program Studi DIV Teknologi Rekayasa Multimedia memiliki kompetensi :
Menguasai teknik-teknik dasar informatika seperti pemrograman, struktur data, dan basis data.
Menguasai teknik-teknik dasar pengolahan produk multimedia seperti pengambilan gambar (statis, dinamis), konsep visual desain dan teknik-teknik manipulasi konten multimedia.
Memiliki pengetahuan dasar kewirausahaan dengan memanfaatkan teknologi multimedia.
Mengembangkan spesifikasi konten multimedia.
Melakukan implementasi konten multimedia.
Mengembangkan aplikasi berbasis jaringan dengan dukungan konten multimedia.
Mengembangkan aplikasi berbasis mobile dengan dukungan konten multimedia.
Peluang Kerja Lulusan
Lulusan Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia, telah berhasil terserap di dunia usaha dan industri, diantaranya perusahaan IT, BUMN, perusahaan pertambangan, perusahaan manufaktur, perbankan, Pegawai Negeri Sipil, dan wirausaha. Setelah mengikuti perkuliahan selama 8 semester, maka diharapkan para lulusan akan dapat menepati posisi kerja sebagai berikut:
Menguasai teknik-teknik dasar pengolahan produk multimedia seperti pengambilan gambar (statis, dinamis), konsep visual desain dan teknik-teknik manipulasi konten multimedia.
Menguasai teknik-teknik dasar informatika seperti pemrograman, struktur data, dan basis data.
Memiliki pengetahuan dasar kewirausahaan dengan memanfaatkan teknologi multimedia.
Mengembangkan spesifikasi konten multimedia.
Mengembangkan aplikasi berbasis jaringan dengan dukungan konten multimedia.
Mengembangkan aplikasi berbasis mobile dengan dukungan konten multimedia.
Capaian Pembelajaran
Capaian pembelajaran (CP) Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia merujuk pada PERMENDIKBUD No. 3 Tahun 2020 dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi serta memiliki level sesuai dengan jenjang Kualifikasi nasional Indonesia/KKNI (Perpres No.8 Tahun 2014). Setiap lulusan Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia memiliki capaian pembelajaran sebagai berikut:
-
Sikap
1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
3. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa serta turut menjaga perdamaian dunia;
4. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan pancasila;
5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
6. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan masyarakat dan bernegara;
8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandirik;
9. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik;
10. Menginternalisasi semangat kemandirian, keuangan dan kewirausahaan;
11. Menjelaskan nilai-nilai budi pekerti, keilmuan, serta kehidupan berbangsa dan bernegara;
12. Adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era industri 4.0 bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi;
-
Pengetahuan
1. Menguasai konsep tentang analisis komposisi pada gambar, video dan suara secara umum;
2. Menguasai konsep umum, prinsip, teknik, dan metodologi penciptaan karya, desain karakter, gestur bentuk, gestur gerak, penceritaan (story telling), storyboard dan sinematografi.;
3. Menguasai konsep desain antarmuka aplikasi dan konten multimedia pada desktop,web dan mobile;
4. Mengusai konsep implementasi, evaluasi aplikasi dan konten multimedia pada desktop, web dan mobile;
5. Menguasai pengetahuan dan perkembangan teknologi multimedia terkini;
6. Menguasai teknik pemanfaatan sistem jaringan komputer;
7. Menguasai cara mendesain infrastruktur jaringan komputer untuk jaringan LAN;
8. Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini di bidang sistem, jaringan komputer dan perangkat lain berbasis IoT yang mencakup perangkat keras dan piranti lunak yang diterapkan pada sistem tertanam dan sistem komunikasi;
9. Menguasai konsep integrasi baik parsial maupun utuh teknologi multimedia dengan teknologi dan sistem di bidang lain;
10. Menguasai konsep organisasi, perusahaan dan industri secara umum;
11. Menguasai konsep Green and sustainable technology;
-
Keterampilan Umum
1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan;
2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu , terukur dan disiplin;
3. Mampu mengembangkan dan mengaplikasikan ide-ide kreatif;
4. Memiliki jiwa kewirausahaan (Entrepreneurship), kemampuan managerial dan leadership;
5. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
6. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
7. Memiliki jiwa kewirausahaan (Entrepreneurship), kemampuan managerial dan leadership;
8. Mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa inggris berkualitas baik khususnya di lingkungan organisasi, perusahaan dan industri;
-
Keterampilan Khusus
1. Mampu melakukan riset dan eksplorasi ide berdasarkan tujuan dan sasaran dalam produk multimedia dengan mempertimbangkan aspek visual, estetika, komunikasi, etika, dan antar budaya (cross-culture).;
2. Mampu membuat footage untuk digunakan dalam bidang animasi dan perfilman;
3. Mampu mengembangkan aplikasi game,simulasi dan multimedia interaktif untuk pendidikan dan industri;
4. Mampu mengembangkan aplikasi berbasis perangkat teknologi reality yaitu Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR) khususnya untuk game dan simulasi;
5. Mampu merespon persepsi penonton dari aspek fisik, kognitif, faktor manusia, dan sosial budaya yang membentuk keputusan desain grafis;
6. Mampu menentukan dan menggunakan piranti lunak yang sesuai dalam perancangan produk multimedia;
7. Mampu merancang produk multimedia yang memiliki nilai jual dan pengakuan hak cipta (intelectual property) dengan menerapkan prinsip dasar desain dan teknologi dalam proses desain.;
8. Mampu menemukan sumber masalah rekayasa pada sistem dan jaringan computer yang mencakup perangkat keras dan piranti lunak yang diterapkan pada sistem tertanam dan sistem komunikasi.;
9. Mampu merancang sistem dan jaringan komputer dan perangkat lain berbasis IoT yang terkait dengan produk multimedia yang mencakup perangkat keras dan piranti lunak yang diterapkan pada sistem tertanam dan sistem komunikasi sesuai standar teknis, keselamatan dan kesehatan lingkungan yang berlaku dengan mempertimbangkan aspek kinerja dan keandalan, kemudahan penerapan dan keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan;
Kurikulum
Kurikulum adalah perangkat mata kuliah dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan
-
Semester 1
-
Semester 2
-
Semester 3
-
Semester 4
-
Semester 5
-
Semester 6
-
Semester 7
-
Semester 8
Fasilitas
Laboratorium
- All
- Game dan VR
- Multimedia
- Animasi
Team
Dosen

Sandi Prasetyaningsih, S.ST., M.Media
Ketua Program Studi - Dosen
Bidang Keahlian : Media

Andri Albertha Pratama, S.Tr.Kom., M.Sn
Ketua Laboran Jur If - Dosen
Bidang Spesialis : Pengkajian Film

Ari Wibowo,ST, MT
Dosen
Bidang Spesialis : Data Mining, Data Structure, Software Engineering

Uuf Brajawidagda, S.T., M.T., Ph.D
Dosen
Bidang Spesialis : Sistem Informasi, E-Government

Riwinoto,ST,M.Kom
Dosen
Bidang Keahlian : Game,simulasi, teknologi reality dan kewirausahaan

Andy Triwinarko,ST, M.T., Ph.D
Dosen
Bidang Keahlian : Telecommunication, Informatics

Evaliata Br. Sembiring, S.Kom., M.Cs
Dosen
Bidang Keahlian : Computer Sains-Artificial Intelligent, Multimedia Content

Mir'atul Khusna Mufida,S.ST, M.Sc
Dosen
Bidang Spesialis : Data Science, Artificial Intelligence

Yeni Rokhayati, S.Si., M.Sc
Dosen
Bidang Keahlian : Data Science

Dwi Ely Kurniawan, S.Pd., M.Kom
Dosen
Bidang Spesialis : Information System, Mobile Programming, Computer Network, Multimedia Learning

Maria, S.ST, M.Sn
Dosen
Bidang Keahlian : Multimedia Technology and Animation

Arta Uly Siahaan, S.Pd, M.Pd
Dosen
Bidang Spesialis : Pendidikan Bahasa Inggris

Muchamad Fajri Amirul Nasrullah, S.ST., M.Sc
Dosen
Bidang Keahlian : Video Coding, Video Effect, Mobile Application

Agung Riyadi, S.Si., M.Kom
Dosen
Bidang Spesialis : Game and Simulation, Computer Science, Image Processing, Data Minning

Fadli Suandi, S.T., M.Kom.
Dosen
Bidang Keahlian : Human Computer Interaction, Photography, Multimedia

Rini Amadia, S.Sn., M.Sn
Dosen
Bidang Spesialis : Desain Grafis

Aragani Timur Kanistren, S.Sn., M.Sn
Dosen
Bidang Keahlian : Skenario Naskah Televisi dan Videografi
Team
Laboran

Ardiman Firmanda, S.S. T
Laboran
Bidang Keahlian : Game dan Multimedia

Banu Filasuf, S.Tr.
Laboran
Bidang Keahlian : Desain Grafis

Alfian, S.ST.
Laboran
Bidang Spesialis : Broadcasting

Nanda Putra Perkasa S.Tr.Kom.
Laboran
Bidang Spesialis : Game

Widya Putri Ramadhani, S.Tr.Kom
Laboran
Bidang Spesialis : Motion Grafis