Teknologi Permainan

Program Studi Diploma 4

D4 Teknologi Permainan

D4 Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Permainan Politeknik Negeri Batam berfokus menyiapkan lulusan sarjana terapan pada bidang pengembangan Game yang memiliki kemampuan analisis, desain, perancangan, validasi, pengembangan (pemrograman), penjaminan kualitas, dan keamanan Game (software) untuk menghasilkan karya teknologi yang dapat berfungsi secara efektif dan efisien.

V.M.T.S D4 Teknologi Permainan

  • 01 Visi Prodi Teknologi Permainan

    Menjadi program studi vokasional yang bermutu, unggul, adaptif, inovatif, dan bermitra erat dengan industri dan masyarakat di bidang animasi mendukung Indonesia Maju dan Sejahtera 2045.

  • Aktif dalam proses kreasi, penyebaran dan penerapan sains dan teknologi di bidang animasi melalui layanan pendidikan tinggi vokasi dan penelitian terapan yang bermutu, terbuka, relevan, dan berkolaborasi erat dengan masyarakat dan industri dengan penerapan tata kelola institusi yang baik untuk kehidupan bangsa yang lebih baik.

    1. Terwujudnya layanan, sumber daya dan ouput pembelajaran dan penelitian di bidang animasi yang bermutu, akses terbuka, inovatif, relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat.
    2. Terwujudnya program studi yang transparan, akuntabel, produktif, dan bermutu.

    1. Meningkatnya mutu, akses, relevansi dari layanan, sumberdaya dan output pembelajaran vokasi di bidang animasi.
    2. Meningkatnya mutu dan relevansi penelitian, publikasi hasil penelitian serta kemampuan penerapan iptek dan inovasi di bidang animasi.
    3. Meningkatnya transparansi, akuntabilitas, produktivitas berorientasi kelestarian lingkungan dan mutu layanan, serta tata kelola program studi

 

Kompetensi Lulusan

Setiap lulusan Program Studi DIV Teknologi Permainan memiliki kompetensi

  1. Game Writer : Mampu membuat dan mengembangkan cerita dari gim, naskah (script), deskripsi karakter, tutorial dan seluruh aksi pergerakan player yang terjadi dalam gim
  2. Game Designer : Mampu merancang sebuah konsep gim yang lalu dituliskan atau dibuat draf dari gim yang akan diciptakan, mulai dari plot hingga kesulitan-kesulitan.
  3. Game UI/UX Designer : Mampu untuk menyediakan UX (User Experience), UI (User Interfaces) & Interaksi Desain (Design Interaction) serta dokumentasi untuk berbagai aspek gim
  4. Game Programmer : Mampu menerjemahkan spesifikasi dari Desain Game, lalu secara khusus dapat menulis kode program dengan sedemikian rupa agar bisa dimainkan
  5. Technical Artist : Mampu memanipulasi segala aspek dari gim yang berhubungan dengan seni visual (Visual Art).
  6. Game Quality Assurance : Mampu untuk menguji segala kemungkinan dan permasalahan (Error, Bug, Glitches) yang ada di dalam gim ketika gim tersebut sedang dalam proses pengembangan.

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) program studi D4 Teknologi Permainan disajikan pada Tabel berikut, telah merujuk pada Permendikbud Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi & Permendikbudristek No.53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, Permendikbud Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi & Permendikbudristek No.53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, ABET Accreditation Engineering Technology Program 2023 - 2024, Permendikbud Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Permendikbudristek No.53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, & ABET Accreditation Engineering Technology Program 2023 - 2024

  • SIKAP
    1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    3. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa serta turut menjaga perdamaian dunia;
    4. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan pancasila;
    5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    6. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan masyarakat dan bernegara;
    8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
    9. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik;
    10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
    11. Menginternalisasi semangat kemandirian, keuangan dan kewirausahaan
    1. Mampu mengembangkan dan mengaplikasikan ide-ide kreatif
    2. Memiliki jiwa kewirausahaan (Entrepreneurship), kemampuan managerial dan leadership
    3. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
    4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
    5. Memiliki jiwa kewirausahaan (Entrepreneurship), kemampuan managerial dan leadership
    6. Mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa inggris berkualitas baik khususnya di lingkungan organisasi, perusahaan dan industri
    1. Mampu memecahkan pengetahuan, teknik, keterampilan dan peralatan modern, matematika, sains, teknik, dan teknologi untuk memecahkan masalah dan memberikan solusi bisnis secara luas sesuai dengan disiplin ilmu teknik komputer dalam bidang gim;;
    2. Mampu menganalisa, mengidentifikasi, dan merancang solusi untuk masalah teknis yang terdefinisi dan bekerjasama dalam membuat desain sistem, komponen, atau proses yang sesuai dengan disiplin ilmu teknik komputer dalam bidang gim;;
    3. Mampu mengidentifikasi dan menggunakan literatur teknis yang sesuai dalam komunikasi tertulis, lisan, dan grafis dalam lingkungan teknis dan non-teknis secara luas;
    4. Mampu melakukan pengujian, pengukuran, dan percobaan terstandar dan dapat menganalisis dan menafsirkan hasil;
    5. Mampu mengorganisasikan tim teknis dan berperan dengan baik sebagai anggota.
    1. Konsep teoritis sains alam, matematika terapan secara umum;
    2. Konsep teoritis sains rekayasa dan prinsip-prinsip rekayasa secara mendalam;
    3. Konsep, prinsip, metoda pengembangan aplikasi permainan dengan menerapkan teknologi mutakhir yang dapat diimplementasikan menjadi produk aplikasi permainan yang siap digunakan;
    4. Prinsip dan tata cara kerja bengkel/studio dan kegiatan laboratorium, serta pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja, dan lingkungan (K3L); dan
    5. Pengetahuan operasional dalam berkomunikasi efektif secara lisan, tulisan serta grafis dalam bidang ilmu informatika;
    6. Pengetahuan faktual terhadap isu terkini di bidang teknologi permainan dan kaitannya dengan masalah ekonomi, sosial dan ekologi secara umum;
    7. Pengetahuan faktual tentang perkembangan teknologi mutakhir dalam bidang teknologi permainan.
    8. Prinsip-prinsip penjaminan mutu;
    9. Pengetahuan, prinsip dan tata cara pengujian aplikasi permainan sesuai dengan standar pengujian
    10. Prinsip kerjasama dalam tim, komunikasi efektif, manajemen konflik, kolaborasi, serta keterampilan interpersonal

KURIKULUM

Kurikulum adalah perangkat mata kuliah dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan

  • SEMESTER 1

    No

    Kode

    Nama

    Course

    SKS
    Bobot SKS Jam/Sesi
    Silabus
    T P T P
    TOTAL 0 0 0 0 0

  • No

    Kode

    Nama

    Course

    SKS
    Bobot SKS Jam/Sesi
    Silabus
    T P T P
    TOTAL 0 0 0 0 0

  • No

    Kode

    Nama

    Course

    SKS
    Bobot SKS Jam/Sesi
    Silabus
    T P T P
    TOTAL 0 0 0 0 0

  • No

    Kode

    Nama

    Course

    SKS
    Bobot SKS Jam/Sesi
    Silabus
    T P T P
    TOTAL 0 0 0 0 0

  • No

    Kode

    Nama

    Course

    SKS
    Bobot SKS Jam/Sesi
    Silabus
    T P T P
    TOTAL 0 0 0 0 0

  • No

    Kode

    Nama

    Course

    SKS
    Bobot SKS Jam/Sesi
    Silabus
    T P T P
    TOTAL 0 0 0 0 0

  • No

    Kode

    Nama

    Course

    SKS
    Bobot SKS Jam/Sesi
    Silabus
    T P T P
    TOTAL 0 0 0 0 0

  • No

    Kode

    Nama

    Course

    SKS
    Bobot SKS Jam/Sesi
    Silabus
    T P T P
    TOTAL 0 0 0 0 0

Peluang Kerja Lulusan

Lulusan Program Studi Teknologi Permainan telah berhasil terserap di dunia usaha dan industri, antara lain di perusahaan pengembang gim, perusahaan teknologi informasi, startup digital, studio animasi, perusahaan manufaktur berbasis teknologi, serta menjadi wirausaha di bidang kreatif. Setelah menempuh perkuliahan selama 8 semester, lulusan diharapkan mampu menempati berbagai posisi kerja sebagai berikut:

Game Writer

Seorang Game Writer bertugas membuat dan mengembangkan cerita dalam gim, termasuk menulis dialog antar karakter, menyusun alur narasi, membuat naskah cutscene, serta menciptakan latar belakang karakter dan dunia gim yang mendukung pengalaman bermain.

Game Designer

Game Designer bertanggung jawab merancang konsep dan mekanik permainan, mulai dari ide awal, sistem permainan, tingkat kesulitan, hingga fitur-fitur gameplay. Mereka juga membuat dokumentasi desain yang menjadi panduan bagi seluruh tim pengembang gim.

UI/UX Designer

Seorang UI/UX Designer dalam pengembangan gim bekerja menciptakan antarmuka pengguna yang menarik dan mudah digunakan serta memastikan pengalaman bermain terasa nyaman, intuitif, dan menyenangkan melalui pengujian dan penyempurnaan desain interaksi.

Game Programmer

Game Programmer bertugas menuliskan dan mengimplementasikan kode program berdasarkan desain gim, termasuk membuat sistem kontrol karakter, animasi, AI musuh, hingga fitur online. Mereka memastikan bahwa gim dapat berjalan secara stabil dan optimal di berbagai platform.


Technical Artist

Technical Artist menjembatani antara seniman visual dan programmer dengan mengoptimalkan aset visual seperti model 3D, animasi, dan efek visual agar dapat digunakan secara efisien dalam gim. Mereka juga membuat tool atau skrip yang mempercepat proses produksi konten visual.

Game Quality Assurance (QA Tester)

QA Tester bertanggung jawab menguji permainan secara menyeluruh untuk menemukan bug, error, atau glitch yang mungkin terjadi. Mereka membuat laporan pengujian dan memberikan masukan kepada tim pengembang agar gim dapat dirilis dalam keadaan stabil dan bebas masalah.

Pendaftaran Mahasiswa Baru

Untuk adik-adik yang ingin bergabung di Program Studi D4 Teknologi Permainan dapat mengunjungi web pendaftaran di registrasi.polibatam.ac.id.

Fasilitas

Untuk mendukung proses pembelajaran yang optimal, Program Studi Teknologi Permainan dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, seperti laboratorium pengembangan gim, ruang produksi audio visual, studio animasi 2D dan 3D, ruang komputer dengan spesifikasi tinggi, serta perangkat lunak industri terbaru. Mahasiswa juga memiliki akses ke jaringan internet, ruang diskusi kreatif, dan dukungan inkubasi wirausaha bagi yang ingin mengembangkan proyek atau startup di bidang teknologi permainan

  • All
  • Multimedia
  • Broadcast
  • Lab Clay
  • Lab Mocap

Details

Details

Details

Details

Details

Details

Details

Details

Details

Details

Dosen Homebase Prodi

Prodi Teknologi Permainan di kelola oleh Jurusan Teknik Informatika yang terdiri dari kepala jurusan, sekretaris jurusan, kepala program studi. Berikut Pengelola Jurusan Teknik Informatika

Ahmad Hamim Thohari, S.S.T., M.T.

Kepala Jurusan Teknik Informatika

NIK : 115143
Program Studi : Teknik Rekayasa Keamanan Siber
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Sarjana Terapan (DIV) Politeknik Negeri Batam : Teknologi Rekayasa Multimedia

Magister (S2) Institut Teknologi Bandung : Teknik Informatika

Bidang Spesialis : Software Development, Database, E-Government

Festy Winda Sari, S.Tr. Kom., M.Sc

Sekretaris Jurusan 1 IF

NIK : 122288
Program Studi : Teknik Rekayasa Keamanan Siber
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Diploma (DIII) Teknik Informatika Politeknik Negeri Batam

Sarjana Terapan (DIV) Multimedia dan Jaringan Politeknik Negeri Batam

Magister (S2) Cyber Security Swansea University

Bidang Spesialis : App security, web security, programming

Mir'atul Khusna Mufida, PhD.

Sekretaris Jurusan 2 IF

NIK : 109057
Program Studi : Teknologi Rekayasa Multimedia
Pendidikan Terakhir : Doktor (S3)
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Sarjana Terapan (DIV) Institut Teknologi Sepuluh Nopember : Teknologi Informasi

Magister (S2) Universite Grenoble Alpes : Informatique

Doktor (S3) Universite Polytechnique Hauts de France (UPHF)

Bidang Spesialis : AI, Big Data Analytics, ITS

Yeni Rokhayati, S.Si., M.Sc

Kepala Program Studi Teknik Informatika

NIK : 112093
Program Studi : Teknologi Rekayasa Multimedia
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Sarjana (S1) Universitas Riau : Matematika

Magister (S2) Universiti Malaysia Terengganu : Sains Matematik

Bidang Spesialis : Data Science

Happy Yugo Prasetiya, S.Sn., M.Sn

Kepala Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia

NIK : 112092
Program Studi : Teknologi Rekayasa Multimedia
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Sarjana (S1) Universitas Negeri Malang : Desain Komunikasi Visual

Magister (S2) ISI Yogyakarta : Pengkajian Seni Desain Komunikasi Visual

Bidang Spesialis : Desain Komunikasi Visual & Animasi

Ir. Farouki Dinda Rassarandi, S.T., M.Eng.

Kepala Program Studi Teknologi Geomatika

NIK : 118208
Program Studi : Teknologi Geomatika
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Sarjana (S1) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang : Teknik Geodesi

Magister (S2) Universitas Gadjah Mada (UGM) : Teknologi Geomatika

PSPPI Politeknik Negeri Batam

Bidang Spesialis : Survei Terestris & Geoinformatika

Riki, S.Tr., M.F.A

Kepala Program Studi Animasi

NIK : 215215
Program Studi : Animasi
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Sarjana Terapan (DIV) Politeknik Negeri Batam : Multimedia & Jaringan

Magister (S2) -

Bidang Spesialis : Animasi

Maidel Fani, S.Pd., M.Kom.

Kepala Program Studi Teknik Rekayasa Keamanan Siber

NIK : 117192
Program Studi : Teknik Rekayasa Keamanan Siber
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Sarjana (S1) STAIN Bukit tinggi : Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer

Magister (S2) Universitas Putra Indonesia Yptk Padang : Ilmu Komputer

Bidang Spesialis : Ilmu Komputer

Supardianto, M.Eng.

Kepala Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

NIK : 113105
Program Studi : Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Sarjana (S1) Institut Teknologi Bandung : Teknik Media Digital

Magister (S2) Universitas Gadjah Mada : Teknologi Infomasi

Bidang Spesialis : Ilmu Komputer

Dr. Metta Santiputri, S.T., M.Sc, Ph.D

Kepala Program Studi Teknik Komputer

NIK : 100017
Program Studi : Teknik Informatika
Pendidikan Terakhir : Doktor (S3)
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Sarjana (S1) Institut Teknologi Bandung : Teknik Informatika

Magister (S2) University of Twente : Computer Science

Doktor (S3) University of Wollongong : Computer Science

Bidang Spesialis : software engineering

Liony Lumombo, S.ST., M.IDes

Kepala Program Studi Teknologi Permainan

NIK : 113118
Program Studi : Teknologi Permainan
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Sarjana Terapan (DIV) Institut Teknologi Bandung- Animation

Magister (S2) The University of Quesland - Master of Interaction Design

Bidang Spesialis : Game UI/UX Design dan HCI

Andri Albertha Pratama, S.Tr.Kom., M.Sn

Koordinator Laboratorium Jurusan

NIK : 211100
Program Studi : Teknologi Rekayasa Multimedia
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Sarjana Terapan (DIV) Politeknik Negeri Batam : Teknik Multimedia dan Jaringan

Magister (S2) Institut Seni Indonesia Surakarta

Bidang Spesialis : Pengkajian Film