S2 Teknik Komputer
Program Studi Magister Teknik Komputer Politeknik Negeri Batam bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi dalam bidang teknik komputer, dengan penekanan pada pengembangan sistem cerdas, komputasi terapan, dan rekayasa perangkat lunak. Program ini memfokuskan pada penguasaan teori dan praktik secara mendalam dalam analisis sistem, perancangan arsitektur teknologi, pengembangan perangkat lunak tingkat lanjut (termasuk aplikasi Game, IoT, dan AI), validasi dan verifikasi sistem, keamanan siber, serta penjaminan kualitas teknologi. Lulusan diharapkan mampu melakukan riset terapan dan inovasi teknologi yang efektif, efisien, serta relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat.
-
01 Visi Prodi Teknik Komputer
Menjadi program studi vokasional yang bermutu, unggul, adaptif, inovatif, dan bermitra erat dengan industri dan masyarakat di bidang animasi mendukung Indonesia Maju dan Sejahtera 2045.
-
02 Misi prodi Teknik Komputer
Aktif dalam proses kreasi, penyebaran dan penerapan sains dan teknologi di bidang animasi melalui layanan pendidikan tinggi vokasi dan penelitian terapan yang bermutu, terbuka, relevan, dan berkolaborasi erat dengan masyarakat dan industri dengan penerapan tata kelola institusi yang baik untuk kehidupan bangsa yang lebih baik.
-
03 Tujuan prodi Teknik Komputer
- Terwujudnya layanan, sumber daya dan ouput pembelajaran dan penelitian di bidang animasi yang bermutu, akses terbuka, inovatif, relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat.
- Terwujudnya program studi yang transparan, akuntabel, produktif, dan bermutu.
-
04 Sasaran Strategis prodi Teknik Komputer
- Meningkatnya mutu, akses, relevansi dari layanan, sumberdaya dan output pembelajaran vokasi di bidang animasi.
- Meningkatnya mutu dan relevansi penelitian, publikasi hasil penelitian serta kemampuan penerapan iptek dan inovasi di bidang animasi.
- Meningkatnya transparansi, akuntabilitas, produktivitas berorientasi kelestarian lingkungan dan mutu layanan, serta tata kelola program studi
Kompetensi Lulusan
Setiap lulusan Program Studi S2 Teknik Komputer memiliki kompetensi
- System Integration Specialist : adalah lulusan yang bertugas merancang, menggabungkan, dan memastikan berbagai sistem perangkat keras dan perangkat lunak dapat bekerja secara terpadu dan efisien.
- Cyber Security Specialist : adalah lulusan yang bertanggung jawab melindungi sistem dan data dari ancaman siber dengan menerapkan teknologi keamanan seperti enkripsi, firewall, dan sistem deteksi intrusi.
- Data Scientist : adalah lulusan yang mengolah dan menganalisis data dalam skala besar untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan, dengan memanfaatkan statistik dan machine learning.
- Peneliti : adalah lulusan yang melakukan penelitian di bidang teknik komputer untuk mengembangkan solusi, teknologi, atau pengetahuan baru yang bermanfaat bagi industri dan masyarakat.
- Pengajar : adalah lulusan yang mengajar di institusi pendidikan tinggi, membimbing mahasiswa, serta menyusun dan mengembangkan materi pembelajaran di bidang teknik komputer.
Capaian Pembelajaran
Capaian Pembelajaran (CP) program studi S2 Teknik Komputer disajikan pada Tabel berikut, telah merujuk pada SN-Dikti (Permendikbud No 49 tahun 2014) dan memiliki level sesuai dengan jenjang Kualifikasi nasional Indonesia/KKNI (Perpres No.8 Tahun 2014). Capaian pembelajaran ini sesuai dengan SKKNI-Teknik Komputer yang disahkan pada tanggal 9 April. Sebagai berikut:
-
SIKAP
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
-
Keterampilan Umum
- Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam penerapan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototipe, karya desain, produk seni, atau inovasi teknologi bernilai tambah, menyusun konsepsi ilmiah atau karya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta karya yang dipresentasikan atau dipamerkan.
- Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya.
- Mampu menyusun ide, pemikiran, dan argumen teknis secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
- Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin atau multi disiplin.
- Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah penerapaan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ekperimental terhadap informasi dan data.
- Mampu mengelola, mengembangkan dan meningkatkan mutu kerja sama baik di lembaganya maupun lembaga lain, dengan mengutamakan kualitas hasil dan ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan.
- Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data prototype, karya desain atau produk seni dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
-
Keterampilan Khusus
- Mengaplikasikan ilmu bidang teknik komputer dengan pendekatan inter atau multidisipliner untuk menyelesaikan masalah masyarakat atau industri yang relevan dan kompleks.
- Mampu mengidentifikasi, merencanakan, merancang, mengembangkan, mengevaluasi dan menerapkan solusi sistem terbenam (embedded system) terhadap suatu permasalahan.
- Mampu memilih dan menerapkan teknologi perangkat lunak dan perangkat keras yang paling sesuai (best practice) guna mendukung penyelesaian permasalahan bidang sistem terbenam (embedded system).
- Mengevaluasi secara kritis dan profesional dalam melakukan perencanaan atau pelaksanaan proyek pengembangan sistem.
- Mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan lembaga dan komunitas dunia usaha dan dunia industri yang lebih luas.
- Mampu berkarya dengan perilaku etika sesuai bidang keprofesian bidang teknik komputer.
-
Penguasaan Pengetahauan
- Menguasai teori pemrograman menggunakan bahasa pemrograman yang tergolong embedded programming language.
- Menguasai teori arsitektur sistem dan metodologi perancangan sistem.
- Menguasai teori sistem operasi berbasis real-time dan digital logic.
- Menguasai teori kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan machine learning serta integrasinya dalam embedded systems.
- Menguasai teori berbagai jenis sensor dan aktuator.
- Menguasai teori keamanan sistem serta best practices pada keamanaan sistem.
- Menguasai teori metodologi dan teknik pengujian untuk menjamin reliability dan robustness dari embedded system.
- Menguasai teori pengelolaan proyek, termasuk perencanaan proyek, pengelolaan waktu, dan pengelolaan tim.
KURIKULUM
Kurikulum adalah perangkat mata kuliah dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan
-
SEMESTER 1
No
Kode
Nama
Course
SKSBobot SKS Jam/Sesi
SilabusT P T P 1 TKO101 Kecerdasan Buatan Artificial Intelligence 4 3 1 3 4 2 TKO102 Penggalian Data Data Mining 4 3 1 3 4 3 TKO103 Pemrograman Lanjut Advanced Programming 4 3 1 3 4 4 TKO104 Analisis dan Desain Sistem System Analysis and Design 5 4 1 3 4 5 TKO105 Metodologi Penelitian Research Methodology 3 3 0 3 0 TOTAL 20 16 4 15 16
-
SEMESTER 2
No
Kode
Nama
Course
SKSBobot SKS Jam/Sesi
SilabusT P T P 1 TKO201 Pengolahan Sinyal Digital Digital Signal Processing 4 3 1 3 4 2 TKO202 Teknologi dan Aplikasi Sensor Sensor Technology and Applications 4 3 1 3 4 3 TKO203 Keamanan Web & Mobile Web & Mobile Security 4 3 1 3 4 4 TKO204 Proposal Thesis Thesis Proposal 4 1 3 1 12 5 TKO205 Seminar Proposal Thesis Proposal Seminar 3 0 3 0 12 TOTAL 19 10 9 10 36
-
SEMESTER 3
No
Kode
Nama
Course
SKSBobot SKS Jam/Sesi
SilabusT P T P 1 TKO301 Penulisan Karya Ilmiah Academic Writing 3 2 1 2 3 2 TKO302 Progress Thesis Thesis Progress 3 0 3 0 20 TOTAL 6 2 4 2 23
-
SEMESTER 4
No
Kode
Nama
Course
SKSBobot SKS Jam/Sesi
SilabusT P T P 1 TKO401 Thesis Thesis 6 0 6 0 24 2 TKO402 Seminar Akhir Final Seminar 3 0 12 0 3 TOTAL 9 0 18 0 27
Peluang Kerja Lulusan
Lulusan Program Magister Teknik Komputer memiliki prospek karier yang luas dan telah berhasil terserap di berbagai sektor industri dan dunia usaha, seperti perusahaan teknologi informasi, perusahaan pengembang sistem tertanam dan perangkat keras, startup digital berbasis teknologi, perusahaan manufaktur berbasis otomasi dan kontrol, serta sebagai wirausaha di bidang teknologi inovatif. Setelah menyelesaikan studi magister selama empat semester, lulusan diharapkan mampu menempati berbagai posisi strategis dan teknis, antara lain:
System Integration Specialist
adalah lulusan yang bertugas merancang, menggabungkan, dan memastikan berbagai sistem perangkat keras dan perangkat lunak dapat bekerja secara terpadu dan efisien.
Cyber Security Specialist
adalah lulusan yang bertanggung jawab melindungi sistem dan data dari ancaman siber dengan menerapkan teknologi keamanan seperti enkripsi, firewall, dan sistem deteksi intrusi.
Data Scientist
adalah lulusan yang mengolah dan menganalisis data dalam skala besar untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan, dengan memanfaatkan statistik dan machine learning.
Peneliti
adalah lulusan yang melakukan penelitian di bidang teknik komputer untuk mengembangkan solusi, teknologi, atau pengetahuan baru yang bermanfaat bagi industri dan masyarakat.
Pengajar
adalah lulusan yang mengajar di institusi pendidikan tinggi, membimbing mahasiswa, serta menyusun dan mengembangkan materi pembelajaran di bidang teknik komputer.
Pendaftaran Mahasiswa Baru
Untuk adik-adik yang ingin bergabung di Program Studi S2 Teknik Komputer dapat mengunjungi web pendaftaran di registrasi.polibatam.ac.id.
Fasilitas
Untuk mendukung proses pembelajaran yang optimal, Program Studi Teknik Komputer dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, seperti laboratorium pengembangan gim, ruang produksi audio visual, studio animasi 2D dan 3D, ruang komputer dengan spesifikasi tinggi, serta perangkat lunak industri terbaru. Mahasiswa juga memiliki akses ke jaringan internet, ruang diskusi kreatif, dan dukungan inkubasi wirausaha bagi yang ingin mengembangkan proyek atau startup di bidang teknologi permainan
- All
- Multimedia
- Broadcast
- Lab Clay
- Lab Mocap
Dosen Homebase Prodi
Prodi Teknik Komputer di kelola oleh Jurusan Teknik Informatika yang terdiri dari kepala jurusan, sekretaris jurusan, kepala program studi. Berikut Pengelola Jurusan Teknik Informatika

Selly Artaty Zega, S.ST., M.Sc
Kepala Program Studi Teknik KomputerNIDN/NIK : 113104
Program Studi : Teknik Komputer
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]
Riwayat Pendidikan
Sarjana Terapan (DIV) Institut Teknologi Bandung : Desain Komunikasi Visual – Teknik Komputer
Magister (S2) IPB University : Ilmu dan Teknologi Kelautan
Bidang Spesialis : Digital Media Technology.

Happy Yugo Prasetiya, S.Sn., M.Sn
DosenNIDN/NIK : 112092
Program Studi : Teknik Komputer
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]
Riwayat Pendidikan
Sarjana (S1) Universitas Negeri Malang : Desain Komunikasi Visual
Magister (S1) ISI Yogyakarta : Pengkajian Seni Desain Komunikasi Visual
Bidang Spesialis :Desain Komunikasi Visual & Teknik Komputer

Gendhy Dwi Harlyan, S.Sn.,M.Sn
DosenNIDN/NIK : 112086
Program Studi : Teknik Komputer
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]
Riwayat Pendidikan
Sarjana (S1) Universitas Negeri Malang : Desain Komunikasi Visual
Magister (S2) Institut kesenian Jakarta : Pengkajian Seni
Bidang Spesialis : Audio Visual

Liony Lumombo, S.ST., M.IDes
DosenNIDN/NIK : 113118
Program Studi : Teknik Komputer
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]
Riwayat Pendidikan
Sarjana Terapan (DIV) Institut Teknologi Bandung- Animation
Magister (S2) IPB University : Ilmu dan Teknologi Kelautan
Bidang Spesialis : Master of Interaction Design
Fandy Neta, S.Pd., M.Pd.T.
DosenNIDN/NIK : 117193
Program Studi : Teknik Komputer
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]
Riwayat Pendidikan
Sarjana (S1) Universitas Negeri Padang : Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Magister (S2) Universitas Negeri Padang : Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Konsentrasi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Bidang Spesialis : Multimedia, Broadcasting Informatika, Teknik Komputer, Video Editing

Aldino Saputra, S.S. T
LaboranNIDN/NIK : 219310
Program Studi : Teknik Komputer
Pendidikan Terakhir : Sarjana Terapan (DIV)
Email : [email protected]
Riwayat Pendidikan
Sarjana Terapan (DIV) Politeknik Negeri Batam : Multimedia & Jaringan
Bidang Spesialis : Teknik Komputer 3D
Ahmad Saropi S.Tr Kom
LaboranNIDN/NIK : 219306
Program Studi : Teknik Komputer
Pendidikan Terakhir : Sarjana Terapan (DIV)
Email : [email protected]
Riwayat Pendidikan
Sarjana Terapan (DIV) Politeknik Negeri Batam : Multimedia & Jaringan
Bidang Spesialis : Desain & Teknik Komputer 3D