Teknik Komputer

Program Studi Magister

S2 Teknik Komputer

Program Studi Magister Teknik Komputer Politeknik Negeri Batam bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi dalam bidang teknik komputer, dengan penekanan pada pengembangan sistem cerdas, komputasi terapan, dan rekayasa perangkat lunak. Program ini memfokuskan pada penguasaan teori dan praktik secara mendalam dalam analisis sistem, perancangan arsitektur teknologi, pengembangan perangkat lunak tingkat lanjut (termasuk aplikasi Game, IoT, dan AI), validasi dan verifikasi sistem, keamanan siber, serta penjaminan kualitas teknologi. Lulusan diharapkan mampu melakukan riset terapan dan inovasi teknologi yang efektif, efisien, serta relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat.

V.M.T.S S2 Teknik Komputer

  • 01 Visi Prodi Teknik Komputer

    Menjadi program studi vokasional yang bermutu, unggul, adaptif, inovatif, dan bermitra erat dengan industri dan masyarakat di bidang animasi mendukung Indonesia Maju dan Sejahtera 2045.

  • Aktif dalam proses kreasi, penyebaran dan penerapan sains dan teknologi di bidang animasi melalui layanan pendidikan tinggi vokasi dan penelitian terapan yang bermutu, terbuka, relevan, dan berkolaborasi erat dengan masyarakat dan industri dengan penerapan tata kelola institusi yang baik untuk kehidupan bangsa yang lebih baik.

    1. Terwujudnya layanan, sumber daya dan ouput pembelajaran dan penelitian di bidang animasi yang bermutu, akses terbuka, inovatif, relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat.
    2. Terwujudnya program studi yang transparan, akuntabel, produktif, dan bermutu.

    1. Meningkatnya mutu, akses, relevansi dari layanan, sumberdaya dan output pembelajaran vokasi di bidang animasi.
    2. Meningkatnya mutu dan relevansi penelitian, publikasi hasil penelitian serta kemampuan penerapan iptek dan inovasi di bidang animasi.
    3. Meningkatnya transparansi, akuntabilitas, produktivitas berorientasi kelestarian lingkungan dan mutu layanan, serta tata kelola program studi

 

Kompetensi Lulusan

Setiap lulusan Program Studi S2 Teknik Komputer memiliki kompetensi

  1. System Integration Specialist : adalah lulusan yang bertugas merancang, menggabungkan, dan memastikan berbagai sistem perangkat keras dan perangkat lunak dapat bekerja secara terpadu dan efisien.
  2. Cyber Security Specialist : adalah lulusan yang bertanggung jawab melindungi sistem dan data dari ancaman siber dengan menerapkan teknologi keamanan seperti enkripsi, firewall, dan sistem deteksi intrusi.
  3. Data Scientist : adalah lulusan yang mengolah dan menganalisis data dalam skala besar untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan, dengan memanfaatkan statistik dan machine learning.
  4. Peneliti : adalah lulusan yang melakukan penelitian di bidang teknik komputer untuk mengembangkan solusi, teknologi, atau pengetahuan baru yang bermanfaat bagi industri dan masyarakat.
  5. Pengajar : adalah lulusan yang mengajar di institusi pendidikan tinggi, membimbing mahasiswa, serta menyusun dan mengembangkan materi pembelajaran di bidang teknik komputer.

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) program studi S2 Teknik Komputer disajikan pada Tabel berikut, telah merujuk pada SN-Dikti (Permendikbud No 49 tahun 2014) dan memiliki level sesuai dengan jenjang Kualifikasi nasional Indonesia/KKNI (Perpres No.8 Tahun 2014). Capaian pembelajaran ini sesuai dengan SKKNI-Teknik Komputer yang disahkan pada tanggal 9 April. Sebagai berikut:

  • SIKAP
    1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
    6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
    10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
    1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam penerapan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototipe, karya desain, produk seni, atau inovasi teknologi bernilai tambah, menyusun konsepsi ilmiah atau karya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta karya yang dipresentasikan atau dipamerkan.
    2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya.
    3. Mampu menyusun ide, pemikiran, dan argumen teknis secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
    4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin atau multi disiplin.
    5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah penerapaan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ekperimental terhadap informasi dan data.
    6. Mampu mengelola, mengembangkan dan meningkatkan mutu kerja sama baik di lembaganya maupun lembaga lain, dengan mengutamakan kualitas hasil dan ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan.
    7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.
    8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data prototype, karya desain atau produk seni dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
    1. Mengaplikasikan ilmu bidang teknik komputer dengan pendekatan inter atau multidisipliner untuk menyelesaikan masalah masyarakat atau industri yang relevan dan kompleks.
    2. Mampu mengidentifikasi, merencanakan, merancang, mengembangkan, mengevaluasi dan menerapkan solusi sistem terbenam (embedded system) terhadap suatu permasalahan.
    3. Mampu memilih dan menerapkan teknologi perangkat lunak dan perangkat keras yang paling sesuai (best practice) guna mendukung penyelesaian permasalahan bidang sistem terbenam (embedded system).
    4. Mengevaluasi secara kritis dan profesional dalam melakukan perencanaan atau pelaksanaan proyek pengembangan sistem.
    5. Mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan lembaga dan komunitas dunia usaha dan dunia industri yang lebih luas.
    6. Mampu berkarya dengan perilaku etika sesuai bidang keprofesian bidang teknik komputer.
    1. Menguasai teori pemrograman menggunakan bahasa pemrograman yang tergolong embedded programming language.
    2. Menguasai teori arsitektur sistem dan metodologi perancangan sistem.
    3. Menguasai teori sistem operasi berbasis real-time dan digital logic.
    4. Menguasai teori kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan machine learning serta integrasinya dalam embedded systems.
    5. Menguasai teori berbagai jenis sensor dan aktuator.
    6. Menguasai teori keamanan sistem serta best practices pada keamanaan sistem.
    7. Menguasai teori metodologi dan teknik pengujian untuk menjamin reliability dan robustness dari embedded system.
    8. Menguasai teori pengelolaan proyek, termasuk perencanaan proyek, pengelolaan waktu, dan pengelolaan tim.

KURIKULUM

Kurikulum adalah perangkat mata kuliah dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan

  • SEMESTER 1

    No

    Kode

    Nama

    Course

    SKS
    Bobot SKS Jam/Sesi
    Silabus
    T P T P
    1 TKO101 Kecerdasan Buatan Artificial Intelligence 4 3 1 3 4
    2 TKO102 Penggalian Data Data Mining 4 3 1 3 4
    3 TKO103 Pemrograman Lanjut Advanced Programming 4 3 1 3 4
    4 TKO104 Analisis dan Desain Sistem System Analysis and Design 5 4 1 3 4
    5 TKO105 Metodologi Penelitian Research Methodology 3 3 0 3 0
    TOTAL 20 16 4 15 16

  • No

    Kode

    Nama

    Course

    SKS
    Bobot SKS Jam/Sesi
    Silabus
    T P T P
    1 TKO201 Pengolahan Sinyal Digital Digital Signal Processing 4 3 1 3 4
    2 TKO202 Teknologi dan Aplikasi Sensor Sensor Technology and Applications 4 3 1 3 4
    3 TKO203 Keamanan Web & Mobile Web & Mobile Security 4 3 1 3 4
    4 TKO204 Proposal Thesis Thesis Proposal 4 1 3 1 12
    5 TKO205 Seminar Proposal Thesis Proposal Seminar 3 0 3 0 12
    TOTAL 19 10 9 10 36

  • No

    Kode

    Nama

    Course

    SKS
    Bobot SKS Jam/Sesi
    Silabus
    T P T P
    1 TKO301 Penulisan Karya Ilmiah Academic Writing 3 2 1 2 3
    2 TKO302 Progress Thesis Thesis Progress 3 0 3 0 20
    TOTAL 6 2 4 2 23

  • No

    Kode

    Nama

    Course

    SKS
    Bobot SKS Jam/Sesi
    Silabus
    T P T P
    1 TKO401 Thesis Thesis 6 0 6 0 24
    2 TKO402 Seminar Akhir Final Seminar 3 0 12 0 3
    TOTAL 9 0 18 0 27

Peluang Kerja Lulusan

Lulusan Program Magister Teknik Komputer memiliki prospek karier yang luas dan telah berhasil terserap di berbagai sektor industri dan dunia usaha, seperti perusahaan teknologi informasi, perusahaan pengembang sistem tertanam dan perangkat keras, startup digital berbasis teknologi, perusahaan manufaktur berbasis otomasi dan kontrol, serta sebagai wirausaha di bidang teknologi inovatif. Setelah menyelesaikan studi magister selama empat semester, lulusan diharapkan mampu menempati berbagai posisi strategis dan teknis, antara lain:

System Integration Specialist

adalah lulusan yang bertugas merancang, menggabungkan, dan memastikan berbagai sistem perangkat keras dan perangkat lunak dapat bekerja secara terpadu dan efisien.

Cyber Security Specialist

adalah lulusan yang bertanggung jawab melindungi sistem dan data dari ancaman siber dengan menerapkan teknologi keamanan seperti enkripsi, firewall, dan sistem deteksi intrusi.

Data Scientist

adalah lulusan yang mengolah dan menganalisis data dalam skala besar untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan, dengan memanfaatkan statistik dan machine learning.

Peneliti

adalah lulusan yang melakukan penelitian di bidang teknik komputer untuk mengembangkan solusi, teknologi, atau pengetahuan baru yang bermanfaat bagi industri dan masyarakat.


Pengajar

adalah lulusan yang mengajar di institusi pendidikan tinggi, membimbing mahasiswa, serta menyusun dan mengembangkan materi pembelajaran di bidang teknik komputer.

Pendaftaran Mahasiswa Baru

Untuk adik-adik yang ingin bergabung di Program Studi S2 Teknik Komputer dapat mengunjungi web pendaftaran di registrasi.polibatam.ac.id.

Fasilitas

Untuk mendukung proses pembelajaran yang optimal, Program Studi Teknik Komputer dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, seperti laboratorium pengembangan gim, ruang produksi audio visual, studio animasi 2D dan 3D, ruang komputer dengan spesifikasi tinggi, serta perangkat lunak industri terbaru. Mahasiswa juga memiliki akses ke jaringan internet, ruang diskusi kreatif, dan dukungan inkubasi wirausaha bagi yang ingin mengembangkan proyek atau startup di bidang teknologi permainan

  • All
  • Multimedia
  • Broadcast
  • Lab Clay
  • Lab Mocap

Details

Details

Details

Details

Details

Details

Details

Details

Details

Details

Dosen Homebase Prodi

Prodi Teknologi Permainan di kelola oleh Jurusan Teknik Informatika yang terdiri dari kepala jurusan, sekretaris jurusan, kepala program studi. Berikut Pengelola Jurusan Teknik Informatika

Ahmad Hamim Thohari, S.S.T., M.T.

Kepala Jurusan Teknik Informatika

NIK : 115143
Program Studi : Teknik Rekayasa Keamanan Siber
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Sarjana Terapan (DIV) Politeknik Negeri Batam : Teknologi Rekayasa Multimedia

Magister (S2) Institut Teknologi Bandung : Teknik Informatika

Bidang Spesialis : Software Development, Database, E-Government

Festy Winda Sari, S.Tr. Kom., M.Sc

Sekretaris Jurusan 1 IF

NIK : 122288
Program Studi : Teknik Rekayasa Keamanan Siber
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Diploma (DIII) Teknik Informatika Politeknik Negeri Batam

Sarjana Terapan (DIV) Multimedia dan Jaringan Politeknik Negeri Batam

Magister (S2) Cyber Security Swansea University

Bidang Spesialis : App security, web security, programming

Mir'atul Khusna Mufida, PhD.

Sekretaris Jurusan 2 IF

NIK : 109057
Program Studi : Teknologi Rekayasa Multimedia
Pendidikan Terakhir : Doktor (S3)
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Sarjana Terapan (DIV) Institut Teknologi Sepuluh Nopember : Teknologi Informasi

Magister (S2) Universite Grenoble Alpes : Informatique

Doktor (S3) Universite Polytechnique Hauts de France (UPHF)

Bidang Spesialis : AI, Big Data Analytics, ITS

Yeni Rokhayati, S.Si., M.Sc

Kepala Program Studi Teknik Informatika

NIK : 112093
Program Studi : Teknologi Rekayasa Multimedia
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Sarjana (S1) Universitas Riau : Matematika

Magister (S2) Universiti Malaysia Terengganu : Sains Matematik

Bidang Spesialis : Data Science

Happy Yugo Prasetiya, S.Sn., M.Sn

Kepala Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia

NIK : 112092
Program Studi : Teknologi Rekayasa Multimedia
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Sarjana (S1) Universitas Negeri Malang : Desain Komunikasi Visual

Magister (S2) ISI Yogyakarta : Pengkajian Seni Desain Komunikasi Visual

Bidang Spesialis : Desain Komunikasi Visual & Animasi

Ir. Farouki Dinda Rassarandi, S.T., M.Eng.

Kepala Program Studi Teknologi Geomatika

NIK : 118208
Program Studi : Teknologi Geomatika
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Sarjana (S1) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang : Teknik Geodesi

Magister (S2) Universitas Gadjah Mada (UGM) : Teknologi Geomatika

PSPPI Politeknik Negeri Batam

Bidang Spesialis : Survei Terestris & Geoinformatika

Riki, S.Tr., M.F.A

Kepala Program Studi Animasi

NIK : 215215
Program Studi : Animasi
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Sarjana Terapan (DIV) Politeknik Negeri Batam : Multimedia & Jaringan

Magister (S2) -

Bidang Spesialis : Animasi

Maidel Fani, S.Pd., M.Kom.

Kepala Program Studi Teknik Rekayasa Keamanan Siber

NIK : 117192
Program Studi : Teknik Rekayasa Keamanan Siber
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Sarjana (S1) STAIN Bukit tinggi : Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer

Magister (S2) Universitas Putra Indonesia Yptk Padang : Ilmu Komputer

Bidang Spesialis : Ilmu Komputer

Supardianto, M.Eng.

Kepala Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

NIK : 113105
Program Studi : Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Sarjana (S1) Institut Teknologi Bandung : Teknik Media Digital

Magister (S2) Universitas Gadjah Mada : Teknologi Infomasi

Bidang Spesialis : Ilmu Komputer

Dr. Metta Santiputri, S.T., M.Sc, Ph.D

Kepala Program Studi Teknik Komputer

NIK : 100017
Program Studi : Teknik Informatika
Pendidikan Terakhir : Doktor (S3)
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Sarjana (S1) Institut Teknologi Bandung : Teknik Informatika

Magister (S2) University of Twente : Computer Science

Doktor (S3) University of Wollongong : Computer Science

Bidang Spesialis : software engineering

Liony Lumombo, S.ST., M.IDes

Kepala Program Studi Teknologi Permainan

NIK : 113118
Program Studi : Teknologi Permainan
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Sarjana Terapan (DIV) Institut Teknologi Bandung- Animation

Magister (S2) The University of Quesland - Master of Interaction Design

Bidang Spesialis : Game UI/UX Design dan HCI

Andri Albertha Pratama, S.Tr.Kom., M.Sn

Koordinator Laboratorium Jurusan

NIK : 211100
Program Studi : Teknologi Rekayasa Multimedia
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

Sarjana Terapan (DIV) Politeknik Negeri Batam : Teknik Multimedia dan Jaringan

Magister (S2) Institut Seni Indonesia Surakarta

Bidang Spesialis : Pengkajian Film