Polibatam Bersama Bebras Indonesia dan Kanwil Kemenag Kepri Adakan Webinar Computational Thinking

Polibatam bersama Bebras Indonesia bersama Kanwil Kemenag Kepri mengadakan Webinar bertajuk Computational Thinking untuk Madrasah Hebat Bermartabat. Webinar tersebut diadakan pada Jumat, 26 Februari 2021 dimulai tepat pukul 08.30 pagi hingga pukul 11.20 siang.

Direktur Polibatam Dr Uuf Brajawidagda dalam sambutan pembuka menyampaikan bahwa Polibatam telah secara aktif mengakampanyekan computational thinking (CT) sejak 2017, dan berharap kegiatan terkait CT terus diperluas, Webinar ini merupakan implementasi dari MoU antara Polibatam dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepri. Selain itu Direktur Polibatam juga mengucapkan terimakasih kepada Bu Inge (Dr Inggriani Liem) yang bersedia hadir sebagai pengisi materi utama dalam kegaiatan Webinar. Bu Inge merupakan Dosen Purnabaki ITB, Ketua Bebras Indonesia NBO dan merupakan salah satu pendiri Polibatam sehingga memiliki hubungan historis yang kuat dengan Polibatam.

Bapak Dr. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I Ka.Kanwil Kemenag Kepri dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kerjasama yang dijalin dengan Polibatam dan berharap kegiatan dan kerjasama ini dapat diwujudkan dengan kegiatan-kegiatan lanjutan. Beliau menambahkan, CT penting untuk diterapkan dalam sistem pendidikan Madrasah.

Kegiatan webinar ini dihadiri lebih dari 250 peserta, yang terdiri dari guru Madrasah se-kota Batam dan Provinsi Kepri, serta dari daerah lainnya di Indonesia seperti Jambi, Cirebon, Bantul, dan sumatera barat. Peserta mengikuti kegiatan dengan antusias, dapat dilihat dari respon dalam menjawab pertanyaan narasumber serta saat diberikan kesempatan bertanya.

Dalam materinya, Bu Inge menyampaikan kenapa CT penting sebagai kemampuan abad 21 dalam era industri 4 dan society 5. Beliau juga menyampaikan bagaimana metode pembelajaran CT melalui Bebras dan integrasi CT kedalam kurikulum atau pembelajaran di sekolah, madrasah dan pesantren. Di Akhir materi, Bu Inge berpesan kepada guru untuk memulai pembelajaran CT dengan soal-soal bebras.

Pemateri kedua, ibu Nur Zahrati Jannah, S.Kom., M.Sc. selaku Dosen Jurusan Teknik Informatika Polibatam menyampaikan secara lebih detail tentang apa dan bagaimana CT diajarkan kepada siswa. Bagaimana Algoritma, Abstraksi, Dekomposisi, pengenalan pola dapat dilatihkan ke siswa dengan berbagai metode pembelajaran mulai dari scratch, bebras card, serta CS Unplugged.

Diharapkan kegiatan ini dapat memperluas wawasan serta pengetahuan kepada tenaga pendidik Indonesia akan pentingnya penerapan Computational Thinking dalam pembelajaran.

 

Sumber: link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *