Animasi

Program Studi Diploma 4

D4 Animasi

D4 Animasi merupakan program studi yang mengkhususkan pada pembuatan animasi untuk tujuan tertentu. Lulusan memiliki keterampilan yang baik di bidang animasi serta kemampuan tambahan di bidang multimedia dan informatika.

V.M.T.S D4 Animasi

  • 01 Visi Jurusan Animasi

    Menjadi program studi vokasional yang bermutu, unggul, adaptif, inovatif, dan bermitra erat dengan industri dan masyarakat di bidang animasi mendukung Indonesia Maju dan Sejahtera 2045.

  • Aktif dalam proses kreasi, penyebaran dan penerapan sains dan teknologi di bidang animasi melalui layanan pendidikan tinggi vokasi dan penelitian terapan yang bermutu, terbuka, relevan, dan berkolaborasi erat dengan masyarakat dan industri dengan penerapan tata kelola institusi yang baik untuk kehidupan bangsa yang lebih baik.

    1. Terwujudnya layanan, sumber daya dan ouput pembelajaran dan penelitian di bidang animasi yang bermutu, akses terbuka, inovatif, relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat.
    2. Terwujudnya program studi yang transparan, akuntabel, produktif, dan bermutu.

    1. Meningkatnya mutu, akses, relevansi dari layanan, sumberdaya dan output pembelajaran vokasi di bidang animasi.
    2. Meningkatnya mutu dan relevansi penelitian, publikasi hasil penelitian serta kemampuan penerapan iptek dan inovasi di bidang animasi.
    3. Meningkatnya transparansi, akuntabilitas, produktivitas berorientasi kelestarian lingkungan dan mutu layanan, serta tata kelola program studi

 

Kompetensi Lulusan

Setiap lulusan Program Studi DIV Animasi memiliki kompetensi :

  1. Concept Artist: Tahapan Animasi: desain karakter, desain environtment, dan concept asset
  2. Layout Artist
  3. 3D Modeller
  4. Rigger
  5. Storyboard Artist
  6. Lighting Artist
  7. VFX Artist
  8. Animator
  9. Compositor
  10. Illustrator
  11. Designer graphic
  12. Audio Composer

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) program studi D4 Animasi disajikan pada Tabel berikut, telah merujuk pada SN-Dikti (Permendikbud No 49 tahun 2014) dan memiliki level sesuai dengan jenjang Kualifikasi nasional Indonesia/KKNI (Perpres No.8 Tahun 2014). Capaian pembelajaran ini sesuai dengan SKKNI-Animasi yang disahkan pada tanggal 9 April. Sebagai berikut:

  • SIKAP
    1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
    6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
    10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
    11. Menjelaskan nilai-nilai budi pekerti, keilmuan, serta kehidupan berbangsa dan bernegara
    12. Adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi dan bekerja sesuai dengan standard operational procedure di lingkungan kerja serta menerapkan prinsip kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja.
    1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
    2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu , terukur dan disiplin
    3. Mampu mengembangkan dan mengaplikasikan ide-ide kreatif
    4. Memiliki jiwa kewirausahaan (Entrepreneurship), kemampuan managerial dan leadership
    5. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
    6. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
    7. Memiliki jiwa kewirausahaan (Entrepreneurship), kemampuan managerial dan leadership
    8. Mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa inggris berkualitas baik khususnya di lingkungan organisasi, perusahaan dan industri
    1. mengimplementasikan matematika, sains alam, unsur seni, dan prinsip rekayasa ke dalam prosedur dan praktek teknikal (technical practice) untuk menyelesaikan masalah di bidang pra produksi, produksi, pasca produksi, maupun pengawasan produksi;
    2. mampu menganalisis dan menyelesaikan pekerjaan di bidang pra produksi animasi, khususnya membuat ide cerita, membuat visual cerita, membuat konsep visual, dan membuat desain produksi, baik dengan teknik konvensional di atas kertas maupun dengan teknik digital;
    3. mampu menganalisis dan menyelesaikan pekerjaan di bidang produksi animasi, khususnya membuat gerak teknik 2 dimensi, membuat asset citra gambar 2 dimensi, membuat bentuk digital 3 dimensi, mampu membuat gerak digital 3 dimensi, dan mampu membuat layout digital;
    4. mampu menganalisis dan menyelesaikan pekerjaan di bidang pasca produksi animasi, khususnya membuat pasca produksi dan membuat visual akhir, dan penyuntingan gambar akhir;
    5. mampu menganalisis dan menyelesaikan pekerjaan di bidang pengawasan bidang produksi animasi, khususnya melakukan pengawasan pada aspek teknik produksi dan alur kerja (technical directing),pengawasan nilai mutu gerak visual (animation directing) pengawasan nilai mutu seni visual (art directing), pengawasan bidang penyutradaraan karya animasi (directing), pengawasan organisasi dan penyeliaan kegiatan produksi (executing/producing), dan mampu melakukan pengawasan hak kekayaan intelektual karya animasi.
    6. mampu menggunakan teknologi mutakhir dalam melaksanakan pekerjaan pada bidang pra produksi, produksi, pasca produksi, maupun pengawasan bidang produksi;
    7. mampu mengkritisi prosedur operasional standar dalam penyelesaian masalah teknologi pada technical directing, animation directing, art directing, directing, executing producing, yang telah dan/atau sedang diterapkan, dan dituangkan dalam bentuk kertas kerja.
    1. menganalisis konsep teoretis sains alam, unsur seni dan matematika terapan secara umum;
    2. menganalisis konsep teoretis sains rekayasa, prinsip rekayasa secara mendalam;
    3. menganalisis konsep teoritis di bidang pra produksi animasi secara mendalam, khususnya membuat pra penceritaan produksi, dan membuat pra pencitraan produksi;
    4. menganalisis konsep teoritis di bidang produksi animasi secara mendalam, khususnya dalam memproduksi teknik 2 dimensi, dan memproduksi teknik digital 3 dimensi;
    5. menganalisis konsep teoritis di bidang pasca produksi animasi secara mendalam, khususnya membuat pasca produksi dan membuat visual akhir;
    6. menganalisis dan mengimpelemtasikan konsep teoritis di bidang pengawasan bidang produksi animasi secara mendalam, khususnya melakukan pengawasan di bidang teknikal, bidang kreatif, dan bidang manajemen;
    7. memiliki pengetahuan, prinsip dan tata cara kerja di studio dan kegiatan laboratorium, serta pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L);
    8. memiliki prinsip dan teknik berkomunikasi efektif secara lisan dan tulisan;
    9. memiliki pengetahuan faktual tentang perkembangan teknologi mutakhir dalam bidang pra produksi, produksi, pasca produksi maupun pengawasan bidang produksi animasi.

KURIKULUM

Kurikulum adalah perangkat mata kuliah dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan

  • SEMESTER 1

    No

    Kode

    Nama

    Course

    SKS
    Bobot SKS Jam/Sesi
    Silabus
    T P T P
    1 AN107 Pengembangan Cerita Story Development 3 2 1 2 3
    2 AN108 Menggambar Tradisional Traditional Drawing 3 2 1 2 3
    3 AN109 Nirmana 2D 2 Dimensional Nirmana 3 2 1 2 3
    4 AN110 Ide Kreatif Creative Idea 2 1 1 1 3
    5 AN111 Pengantar Animasi Introduction to Animation 2 1 1 1 3
    6 AN112 Fotografi Animasi Photography for Animation 3 2 1 2 3
    7 AN113 Budaya Visual Visual Culture 2 2 0 2 0
    8 AN114 Animasi Eksperimental Experimental Animation 2 1 1 1 3
    TOTAL 20 13 7 13 21

  • No

    Kode

    Nama

    Course

    SKS
    Bobot SKS Jam/Sesi
    Silabus
    T P T P
    1 AN214 Penulisan Naskah Scriptwriting 3 1 2 1 7
    2 AN215 Menggambar Digital Digital Drawing 3 1 2 1 7
    3 AN216 Nirmana 3D 3 Dimensional Nirmana 3 2 1 2 3
    4 AN217 Desain Karakter Character Design 3 2 1 2 3
    5 AN218 Papan Cerita Storyboard 2 0 2 0 7
    6 AN219 Konsep Seni Concept Art 2 2 0 2 0
    7 AN220 Kapita Selekta Current Issue 2 0 2 0 7
    8 PK4AN Bahasa Indonesia Bahasa 2 2 0 2 0
    TOTAL 20 10 10 10 34

  • No

    Kode

    Nama

    Course

    SKS
    Bobot SKS Jam/Sesi
    Silabus
    T P T P
    1 AN323 Prinsip Animasi 2D Core Principles of 2D Animation Pipelines 3 2 1 2 3
    2 AN324 Produksi Audio Animasi Audio for Animation 3 1 2 1 7
    3 AN325 Bahasa Inggris English 2 2 0 2 0
    4 AN326 Karakter Animasi 2D Character 2D Animation 3 1 2 1 7
    5 AN327 Efek Animasi 2D 2D Animation Effect: Mastering of Elements 3 2 1 2 3
    6 AN328 Konsep Gerak Concept in Motion 2 0 2 0 7
    7 AN329 Aset 3D Hardsurface 3D Asset Hardsurface 2 0 2 0 7
    8 AN330 Fisika Animasi Physics for Animation 2 2 0 2 0
    TOTAL 20 10 10 10 34

  • No

    Kode

    Nama

    Course

    SKS
    Bobot SKS Jam/Sesi
    Silabus
    T P T P
    1 AN428 Mekanika Gerak Digital Rigging 3 2 1 2 3
    2 AN429 Karakter Animasi 3D 3D Character Animation 3 2 1 2 3
    3 AN430 Pencahayaan & Render 3D 3D Lighting & Rendering 3 2 1 2 3
    4 AN431 Proyek Kolaborasi Animasi Collaborative Experiences: 3D Production Pipeline 2 0 2 0 7
    5 AN432 Aset 3D Karakter 3D Asset Character 3 2 1 2 3
    6 AN433 Tata Letak 3 Dimensi 3D Layout 3 2 1 2 3
    7 AN434 Komunikasi Bahasa Inggris English Communication 2 0 2 0 7
    8 AN435 Bisnis Animasi Animation Business and Professional Practices 2 2 0 2 0
    TOTAL 21 12 9 12 29

  • No

    Kode

    Nama

    Course

    SKS
    Bobot SKS Jam/Sesi
    Silabus
    T P T P
    1 AN533 Aset 3D Prosedural 3D Procedural Asset 3 2 1 2 3
    2 AN534 Mekanika Tubuh 3D 3D Body Mechanics 3 1 2 1 7
    3 AN535 Otomasi Mekanika Gerak Digital Rigging Automation 3 2 1 2 3
    4 AN536 Efek Digital & Simulasi Digital Effect & Simulation 3 2 1 2 3
    5 AN537 Digital Compositing Digital Compositing 3 1 2 1 7
    6 AN538 Manajemen Produksi Animasi Production Management for Animation 2 0 2 0 7
    7 AN539 Menulis Bahasa Inggris English Writing 2 2 0 2 0
    8 AN540 Kesehatan dan Keselamatan Kerja Workplace Safety and Health 2 2 0 2 0
    TOTAL 21 12 9 12 30

  • No

    Kode

    Nama

    Course

    SKS
    Bobot SKS Jam/Sesi
    Silabus
    T P T P
    1 AN636 Penyuntingan Animasi Animation Editing 3 1 2 1 7
    2 AN637 Penulisan Karya Ilmiah Articulated Research & Writing 2 2 0 2 0
    3 AN638 Portofolio Animasi 2D 2D Animation Portofolio Development 2 0 2 0 7
    4 AN639 Portofolio Animasi 3D 3D Animation Portofolio Development 2 2 0 2 0
    5 AN640 Otomasi Animasi Automation in Animation 3 1 2 1 7
    6 AN641 Statistika Matematika Mathematical Statistics 2 2 0 2 0
    7 AN642 Proyek Kreatif Animasi Creative Project 2 0 2 0 7
    8 PK1AN Pendidikan Agama Religous Study 2 2 0 2 0
    9 PK2AN Pendidikan Pancasila Pancasila 2 2 0 2 0
    10 PK3AN Pendidikan Kewarganegaraan Citizenship 2 2 0 2 0
    TOTAL 22 14 8 14 28

  • No

    Kode

    Nama

    Course

    SKS
    Bobot SKS Jam/Sesi
    Silabus
    T P T P
    1 AN741 Etika Profesi Dunia Kerja Work Ethics 3 0 3 0 10
    2 MB4AN Proyek Kemanusiaan Humanitarian Project 20 0 20 0 68
    3 MB5AN Wirausaha Mandiri Independent Entrepreneur 20 0 20 0 68
    4 AN742 Pelaporan Kerja Job Reporting 3 0 3 0 10
    5 MB6AN Asistensi Mengajar Teaching Assistantship 20 0 20 0 68
    6 MB7AN Membangun Desa Community Service Learning 20 0 20 0 68
    7 AN743 Proposal Tugas Akhir Final Project Proposal 4 0 4 0 14
    8 MB8AN Pertukaran Mahasiswa Merdeka Student Exchange 20 0 20 0 68
    9 AN842 Magang Industry Industrial Internship 14 0 14 0 48
    10 MB2AN Studi Independen Independent Study 20 0 20 0 68
    11 MB3AN Penelitian Applied Research 20 0 20 0 68
    TOTAL 164 0 164 0 558

  • No

    Kode

    Nama

    Course

    SKS
    Bobot SKS Jam/Sesi
    Silabus
    T P T P
    1 AN841 Tugas Akhir Final Project 6 0 6 0 20
    2 MB1AN Magang Internship 10 0 10 0 34
    TOTAL 16 0 16 0 54

Peluang Kerja Lulusan

Lulusan Program Studi Animasi, telah berhasil terserap di dunia usaha dan industri, diantaranya perusahaan IT, BUMN, perusahaan pertambangan, perusahaan manufaktur, perbankan, Pegawai Negeri Sipil, dan wirausaha. Setelah mengikuti perkuliahan selama 8 semester, maka diharapkan para lulusan akan dapat menepati posisi kerja sebagai berikut:

Concept Artist

seorang individu yang menghasilkan desain visual untuk item, karakter, atau setting area yang belum ada. Ini termasuk, namun tidak terbatas pada, produksi video game produksi film, produksi animasi dan terus berkembang luas di era digital ini. CONCEPT ARTIST dituntut sebuah komitmen tinggi dalam perannya di dalam bagian produksi besar.

Animator

seorang seniman yang menciptakan berbagai ragam gambar yang akan membentuk ilusi seolah-olah bergerak pada saat ditayangkan dengan cepat yang disebut dengan frame. Animator dapat bekerja dalam berbagai bidang seperti film, televisi, video game, dan Internet. Biasanya, sebuah karya animasi membutuhkan beberapa animator. Cara kerja dalam menciptakan gambar tersebut, sangat bergantung dari gaya dan keahlian mereka.

Soryboard Artist

Storyboard artist merupakan bagian pekerjaan dimana kita akan lebih banyak menggambar panel-panel storyboard berdasarkan script yang sudah ada, serta menentukan sudut pandang kamera dan komposisi yang sesuai dengan alur cerita animasi yang terdapat pada scriptnya.

Layout Artist

Layout artist bertanggung jawab untuk meletakkan elemen-elemen yang akan digunakan pada suatu shot animasi dan kemudian menggerakkan elemen-elemen didalamnya secara draft sesuai dengan petunjuk visual dari storyboard dan timing audio dari departemen audio untuk animasi tersebut. Hasil pekerjaan dari para 3D layout artist nantinya yang akan di lanjutkan oleh para animator untuk diberikan gerakan-gerakan animasi yang lebih detail dan lanjut.


3D Modeller

3D Modeller merupakan para modeller 3D yang bertanggung jawab untuk menterjemahkan konsep yang didapat dari para concept artist menjadi bentuk modeling 3D yang akan dipakai di dalam film animasi bersangkutan. 3D modeling yang akan di produksi bisa mencakup modeling karakter, props ( benda-benda) & environment ( lingkungan ).

Rigger

Para Rigger bertanggung jawab untuk memberikan rigging ( tulang ), pemberian facial ( ekspresi wajah ), memberikan control system untuk model-model karakter yang akan dipakai dalam film animasi, sehingga model-model karakter tersebut bisa lebih mudah diberikan gerakan animasinya.

Lightning Artis

Para Lighting Artist bertanggung jawab untuk memberikan pencahayaan pada scene 3D animasi berdasarkan nuansa yang diberikan oleh para concept artist. Pencahayaan yang diberikan harus bisa meliputi penciptaan mood ( suasana hati ) yang akan dirasakan oleh para penonton animasi begitu mereka melihat adegan animasi tersebut berdasarkan script cerita dari animasi tersebut.

VFX Artis

VFX Artist merupakan para artist yang bertanggung jawab untuk penambahan efek-efek pada film animasi seperti efek asap, partikel debu, api dan efek-efek lainnya.


Compositor

Compositor bertugas untuk menggabungkan elemen-elemen render film animasi yang biasanya diberikan secara terpisah seperti karakter dan background, untuk kemudian di gabungkan menjadi satu keutuhan scene dan sekaligus di berikan perbaikan warna secara keseluruhan untuk menjaga kesatuan warna pada satu film animasi.

Animation Supervisor

Animation Supervisor bertugas untuk memberikan arahan teknis bagi orang-orang yang ditempatkan di bawah pimpinan tanggung jawabnya dan menjaga keseluruhan produksi untuk tetap pada tenggat waktu yang sudah ditentukan. Seorang Technical Director bertanggung jawab dalam menghadapi atasan serta klien untuk memberikan pertanggungan jawab terhadap hasil yang dikerjakan oleh tim produksi animasi yang dipimpinnya.

Audio Composer

Audio Composer adalah orang yang membuat komposisi sebuah musik, baik itu yang ada liriknya maupun instrumental. Komposer adalah seorang pencipta dan bukan orang yang memainkan musik atau membawa lagu tersebut.

Pendaftaran Mahasiswa Baru

Untuk adik-adik yang ingin bergabung di Program Studi D4 Animasi dapat mengunjungi web pendaftaran di registrasi.polibatam.ac.id.

Fasilitas

Magnam dolores commodi suscipit. Necessitatibus eius consequatur ex aliquid fuga eum quidem. Sit sint consectetur velit. Quisquam quos quisquam cupiditate. Et nemo qui impedit suscipit alias ea. Quia fugiat sit in iste officiis commodi quidem hic quas.

  • All
  • Multimedia
  • Broadcast
  • Lab Clay
  • Lab Mocap

Details

Details

Details

Details

Details

Details

Details

Details

Details

Details

Dosen Homebase Prodi

Prodi Teknik Multimedia dan Jaringan di kelola oleh Jurusan Teknik Informatika yang terdiri dari kepala jurusan, sekretaris jurusan, kepala program studi. Berikut Pengelola Jurusan Teknik Informatika

Selly Artaty Zega, S.ST., M.Sc

Kepala Program Studi Animasi

NIDN/NIK : 113104
Program Studi : Animasi
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]


Riwayat Pendidikan

Sarjana Terapan (DIV) Institut Teknologi Bandung : Desain Komunikasi Visual � Animasi
Magister (S2) IPB University : Ilmu dan Teknologi Kelautan

Bidang Spesialis : Digital Media Technology.


Happy Yugo Prasetiya, S.Sn., M.Sn

Dosen

NIDN/NIK : 112092
Program Studi : Animasi
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]


Riwayat Pendidikan

Sarjana (S1) Universitas Negeri Malang : Desain Komunikasi Visual
Magister (S1) ISI Yogyakarta : Pengkajian Seni Desain Komunikasi Visual

Bidang Spesialis :Desain Komunikasi Visual & Animasi

Gendhy Dwi Harlyan, S.Sn.,M.Sn

Dosen

NIDN/NIK : 112086
Program Studi : Animasi
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]


Riwayat Pendidikan

Sarjana (S1) Universitas Negeri Malang : Desain Komunikasi Visual
Magister (S2) Institut kesenian Jakarta : Pengkajian Seni

Bidang Spesialis : Audio Visual

Liony Lumombo, S.ST., M.IDes

Dosen

NIDN/NIK : 113118
Program Studi : Animasi
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]


Riwayat Pendidikan

Sarjana Terapan (DIV) Institut Teknologi Bandung- Animation
Magister (S2) IPB University : Ilmu dan Teknologi Kelautan

Bidang Spesialis : Master of Interaction Design

Fandy Neta, S.Pd., M.Pd.T.

Dosen

NIDN/NIK : 117193
Program Studi : Animasi
Pendidikan Terakhir : Magister Strata 2 (S2)
Email : [email protected]


Riwayat Pendidikan

Sarjana (S1) Universitas Negeri Padang : Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Magister (S2) Universitas Negeri Padang : Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Konsentrasi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer

Bidang Spesialis : Multimedia, Broadcasting Informatika, Animasi, Video Editing

Aldino Saputra, S.S. T

Laboran

NIDN/NIK : 219310
Program Studi : Animasi
Pendidikan Terakhir : Sarjana Terapan (DIV)
Email : [email protected]


Riwayat Pendidikan

Sarjana Terapan (DIV) Politeknik Negeri Batam : Multimedia & Jaringan

Bidang Spesialis : Animasi 3D

Ahmad Saropi S.Tr Kom

Laboran

NIDN/NIK : 219306
Program Studi : Animasi
Pendidikan Terakhir : Sarjana Terapan (DIV)
Email : [email protected]


Riwayat Pendidikan

Sarjana Terapan (DIV) Politeknik Negeri Batam : Multimedia & Jaringan

Bidang Spesialis : Desain & Animasi 3D