
Politeknik Negeri Batam membuka program studi animasi untuk : Mewujudkan sistem pembelajaran vokasi yang berbasis kompetensi, bermutu dan relevan sehingga dapat menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang informasi dan komunikasi golongan pokok produksi gambar bergerak, video dan program televisi, perekaman suara dan penerbitan musik bidang pembuatan animasi,Menghasilkan riset aplikatif dan solusi iptek yang bermitra dengan industri dan masyarakat dibidang pembuatan animasi, serta mendukung ketersediaan sumb er daya manusia di industri kreatif yang berada di Nongsa dan industri generasi 4.0.
1. Visi Program Studi D4 Animasi
“Menghasilkan tenaga vokasi yang unggul di bidang animasi dan berdaya saing di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2025.”
2. Misi Program Studi D4 Animasi
1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi terbaik di Asia Tenggara di bidang animasi;
2. Melaksanakan riset aplikatif berbasis kemitraan dengan industri dan masyarakat dalam rangka meningkatkan produktifitas dan nilai tambah bagi masyarakat;
3. Melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat, terutama di bidang animasi yang berorientasi pada kesejahteraan rakyat melalui penguatan kualitas sumber daya manusia;
4. Menyelenggarakan tata kelola organisasi yang baik.
3. Tujuan Program Studi Animasi
1. Mewujudkan sistem pembelajaran vokasi yang berbasis kompetensi, bermutu dan relevan sehingga dapat menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang informasi dan komunikasi golongan pokok produksi gambar bergerak, video dan program televisi, perekaman suara dan penerbitan musik bidang pembuatan animasi;
2. Menghasilkan riset aplikatif dan solusi iptek yang bermitra dengan industri dan masyarakat dibidang pembuatan animasi;
3. Berperan aktif dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan penguatan kualitas sumber daya manusia;
4. Mewujudkan organisasi yang bermutu, efektif, efisien dan akuntabel baik dalam hal layanan maupun tata kelola program studi D4 Animasi.
4. Capaian Pembelajaran
Capaian Pembelajaran (CP) program studi D4 Animasi disajikan pada Tabel 25, telah merujuk pada SN-Dikti (Permendikbud No 49 tahun 2014) dan memiliki level sesuai dengan jenjang Kualifikasi nasional Indonesia/KKNI (Perpres No.8 Tahun 2014). Capaian pembelajaran ini sesuai dengan SKKNI-Animasi yang disahkan pada tanggal 30 Desember 2014.
Parameter CP |
Deskripsi CP |
Sikap |
- bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
|
Penguasaan Pengetahuan |
- Setiap lulusan Program Studi D4 Animasi wajib menguasai pengetahuan sesuai dengan SKKNI-Animasi level kualifikasi 6, sebagai berikut:
- Pengetahuan di Bidang Pra Produksi
- Menguasai cara membuat pra penceritaan produksi
- Menguasai cara membuat ide cerita
- Menguasai cara membuat skrip penceritaan (scriptwriting)
- Menguasai cara membuat skenario
- Menguasai cara membuat visual cerita
- Menguasai cara membuat gambar penceritaan (storyboard drawing)
- Menguasai cara melakukan penyuntingan suara dan gambar bercerita (animatic/previsualisation)
- Menguasai cara melakukan perekaman rancangan dialog
- Menguasai cara membuat pra pencitraan produksi
- Menguasai cara membuat konsep visual
- Menguasai cara membuat gambar sketsa karakter
- Menguasai cara membuat gambar sketsa latar
- Menguasai cara membuat gambar sketsa property
- Menguasai cara membuat desain produksi
- Menguasai cara membuat standar produksi desain karakter (character design)
- Menguasai cara membuat standar produksi desain latar (environment design)
- Menguasai cara membuat standar produksi desain property (property design
- Pengetahuan khusus di Bidang Produksi
- Menguasai cara memproduksi teknik 2 dimensi
- Menguasai cara membuat gerak teknik 2 dimensi
- Menguasai cara membuat sekuensial gambar gerak utama (keyframing)
- Menguasai cara membuat sekuensial gambar gerak sela (inbetween)
- Menguasai cara membuat gerak digital puppeteer
- Menguasai cara membuat asset citra gambar 2 dimensi
- Menguasai cara membuat gambar latar
- Menguasai cara membuat pewarnaan gambar karakter (coloring)
- Menguasai cara melakukan pewarnaan gambar latar(coloring)
- Menguasai cara membuat elemen gambar digital puppeteer
- Menguasai cara melakukan pemindaian digital
- Menguasai cara memproduksi teknik digital 3 dimensi
- Menguasai cara membuat model digital organik 3 dimensi
- Menguasai cara membuat model digital hardsurface 3 dimensi
- Menguasai cara membuat model digital sculpting
- Menguasai cara membuat gerak digital 3 dimensi
- Menguasai cara membuat gerak digital character
- Menguasai cara membuat gerak digital non character
- Menguasai cara membuat layout digital
- Menguasai cara membuat kumpulan aset digital (layout 3 dimensi)
- Menguasai cara membuat sudut pandang kamera digital
- Menguasai cara membuat tekstur permukaan dan sifat permukaan
- Menguasai cara membuat pencitraan UV mesh
- Menguasai cara membuat pencitraan tekstur permukaan
- Menguasai cara membuat pencitraan sifat permukaan (shading)
- Menguasai cara membuat cahaya digital dan rendering
- Menguasai cara membuat pencitraan cahaya digital
- Menguasai cara membuat pencitraan gambar digital(rendering)
- Menguasai cara membuat efek digital
- Menguasai cara membuat simulasi dinamis objek digital (cloth/hair)
- Menguasai cara membuat arahan gerak particle
- Menguasai cara membuat arahan simulasi gerak digital larutan (liquid/fluid)
- Menguasai cara melakukan pengawasan hak intelektual karya animasi
- Menguasai cara membuat mekanisme kerja digital (character setup)
- Menguasai cara membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging)
- Menguasai cara membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital(skinning)
- Pengetahuan di Bidang Pasca Produksi
- Menguasai cara membuat paska produksi
- Menguasai cara membuat visual akhir
- Menguasai cara melakukan penyuntingan gambar akhir (online editing)
- Menguasai cara membuat komposisi teknik layer 2 dimensi (2D compositing)
- Menguasai cara membuat komposisi teknik layer 3 dimensi (3D compositing)
- Pengetahuan di Bidang Mengawasi Bidang produksi
- Menguasai cara mengawasi bidang teknikal
- Menguasai cara melakukan pengawasan aspek teknik produksi dan alur kerja (technical directing)
- Menguasai cara melakukan pengawasan nilai mutu gerak visual (animation directing)
- Menguasai cara mengawasi bidang kreatif
- Menguasai cara melakukan pengawasan nilai mutu seni visual (art directing)
- Menguasai cara melakukan pengawasan bidang penyutradaraan karya animasi (directing)
- Menguasai cara mengawasi bidang manajemen
- Menguasai cara melakukan pengawasan organisasi dan menyelia kegiatan produksi secara menyeluruh (executing/producing )
|
Keterampilan Khusus |
Setiap lulusan Program Studi D4 Animasi wajib memiliki keterampilan khusus sesuai dengan SKKNI-Animasi level kualifikasi 6, sebagai berikut:
- Keterampilan khusus di Bidang Pra Produksi
- Mampu membuat pra penceritaan produksi
- Mampu membuat ide cerita
- Mampu membuat skrip penceritaan (scriptwriting)
- Mampu membuat skenario
- Mampu membuat visual cerita
- Mampu membuat gambar penceritaan (storyboard drawing)
- Mampu melakukan penyuntingan suara dan gambar bercerita (animatic/previsualisation)
- Mampu melakukan perekaman rancangan dialog
- Mampu membuat pra pencitraan produksi
- Mampu membuat konsep visual
- Mampu membuat gambar sketsa karakter
- Mampu membuat gambar sketsa latar
- Mampu membuat gambar sketsa property
- Mampu membuat desain produksi
- Mampu membuat standar produksi desain karakter (character design)
- Mampu membuat standar produksi desain latar (environment design)
- Mampu membuat standar produksi desain property (property design
- Keterampilan khusus di Bidang Produksi
- Mampu memproduksi teknik 2 dimensi
- Mampu membuat gerak teknik 2 dimensi
- Mampu membuat sekuensial gambar gerak utama (keyframing)
- Mampu membuat sekuensial gambar gerak sela (inbetween)
- Membuat gerak digital puppeteer
- Mampu membuat asset citra gambar 2 dimensi
- Mampu membuat gambar latar
- Mampu membuat pewarnaan gambar karakter (coloring)
- Mampu melakukan pewarnaan gambar latar(coloring)
- Mampu membuat elemen gambar digital puppeteer
- Mampu melakukan pemindaian digital
- Mampu memproduksi teknik digital 3 dimensi
- Membuat bentuk digital 3 dimensi
- Mampu membuat model digital organik 3 dimensi
- Mampu membuat model digital hardsurface 3 dimensi
- Mampu membuat model digital sculpting
- Mampu membuat gerak digital 3 dimensi
- Mampu membuat gerak digital character
- Mampu membuat gerak digital non character
- Mampu membuat layout digital
- Mampu membuat kumpulan aset digital (layout 3 dimensi)
- Mampu membuat sudut pandang kamera digital
- Mampu membuat tekstur permukaan dan sifat permukaan
- Mampu membuat pencitraan UV mesh
- Mampu membuat pencitraan tekstur permukaan
- Mampu membuat pencitraan sifat permukaan (shading)
- Mampu membuat cahaya digital dan rendering
- Mampu membuat pencitraan cahaya digital
- Mampu membuat pencitraan gambar digital(rendering)
- Mampu membuat efek digital
- Mampu membuat simulasi dinamis objek digital (cloth/hair)
- Mampu membuat arahan gerak particle
- Mampu membuat arahan simulasi gerak digital larutan (liquid/fluid)
- Mampu membuat mekanisme kerja digital (character setup)
- Mampu membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging)
- Mampu membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital(skinning)
- Keterampilan khusus di Bidang Pasca Produksi
- Mampu melakukan paska produksi
- Mampu membuat visual akhir
- Mampu melakukan penyuntingan gambar akhir (online editing)
- Mampu membuat komposisi teknik layer 2 dimensi (2D compositing)
- Mampu membuat komposisi teknik layer 3 dimensi (3D compositing)
- Keterampilan Khusus di Bidang Pengawasan Bidang produksi
- Mampu mengawasi bidang teknikal
- Mampu melakukan pengawasan aspek teknik produksi dan alur kerja (technical directing)
- Mampu melakukan pengawasan nilai mutu gerak visual (animation directing)
- Mampu mengawasi bidang kreatif
- Mampu melakukan pengawasan nilai mutu seni visual (art directing)
- Mampu melakukan pengawasan bidang penyutradaraan karya animasi (directing)
- Mampu mengawasi bidang manajemen
- Mampu melakukan pengawasan organisasi dan menyelia kegiatan produksi secara menyeluruh (executing/producing )
- Mampu melakukan pengawasan hak intelektual karya animasi
|
Keterampilan Umum |
- mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif , bermutu, dan terukur dalam melakukan jenis pekerjaan spesifik, di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang teknologi informasi dan animasi;
- mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni,
- mampu menyusun hasil kajian tersebut dalam bentuk kertas kerja, sepesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain ,dan persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya;
- mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerjasama didalam maupun di luar lembaganya;
- mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
- mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
|
5. Profil Lulusan
Profil lulusan Prodi DIV Animasi Politeknik Negeri Batam yaitu:
No
|
Profil Lulusan
|
Kompetensi yang dimiliki
|
1
|
Layout Artist |
- Memiliki pengetahuan dan kemampuan praktis dalam penentuan tata letak objek animasi yang akan dibuatb. Memiliki pengetahuan dan kemampuan praktis dalam pengumpulan materi untuk pembuatan animasi ( Material Collecting)c. Membuat gambar latar
- Melakukan pewarnaan gambar latar (coloring)
- Membuat standar produksi desain latar (environment design)
- Membuat gambar sketsa latar
- Melakukan pengawasan nilai mutu seni visual (art directing)
|
2
|
Modeller |
- Memiliki pengetahuan dan kemampuan praktis dalam merancang dan membuat model (modeling) karakter dan objek animasib. Memiliki pengetahuan dan kemampuan praktis dalam memberi tekstur (texturing) pada karakter dan objek animasic. Memiliki pengetahuan dan kemampuan praktis dalam
- membentuk (sculpting) karakter dan objek animasid. Mampu mengimplementasikan konsep modeling menggunakan tools popular
- Membuat model digital sculpting
- Membuat kumpulan aset digital (layout 3 dimensi)
|
3
|
Rigger |
- Memiliki pengetahuan dan kemampuan praktis dalam membuat model dasar (polygonal mesh flow)b. Memiliki pengetahuan dan kemampuan praktis dalam pergerakan karakter (Character Kinematics)c. Mampu mengimplementasikan konsep rigging menggunakan tools popular
- Membuat pencitraan UV mesh
- Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging)
|
4
|
Storyboard Artist |
- Memiliki pengetahuan dan kemampuan praktis dalam membuat rancangan animasi (scenes) secara manual atau komputer
- Mampu menggunakan storyboard tools untuk membuat storyboard animasi
- Mampu bekerja dengan tim untuk menpersiapkan proyek animasi
|
5
|
Lighting Artist |
- Memiliki pengetahuan dasar tentang pencahayaan ( Lighting) dan komposisi (Compositing)
- Memiliki pengetahuan dan kemampuan praktis dalam membuat dan mempersiapkan light rig setup dan compositing template
- Membuat pencitraan cahaya digital
- Membuat pencitraan sifat permukaan(shading)
|
6
|
VFX Artist |
- Memiliki pengetahuan dasar tentang pembuatan model (Modelling), pembuatan tekstur (Texturing), pencahayaan ( Lighting), dan komposisi (Compositing)
- Memiliki pengetahuan tentang particle packages, procedural modeling, procedural animation, hard and soft body dynamics dan efek lainnya,
|
7
|
Editor |
- Mampu melakukan editing (modeling, texturing, rigging,animating)
- Melakukan penyuntingan gambar akhir (online editing).
|
8
|
Animator |
- Memiliki pengetahuan dasar tentang prinsip animasi
- Memiliki pengetahuan dan kemampuan praktis dalam menerapkan prinsip animasi menggunakan tools popular
- Membuat sekuensial gambar gerak utama (keyframing)
|
9
|
Render Artist |
- Memiliki pengetahuan tentang komposisi warna dan desain
- Memiliki pengetahuan dan kemampuan praktis dalam membuat render layers menggunakan tools popular
- Memiliki pengetahuan dan kemampuan praktis dalam melakukan pemeriksaan akhir pada scene
- Memiliki pengetahuan dan kemampuan praktis dalam melakukan render menggunakan tools popular
|
10
|
Compositor |
- Memiliki pengetahuan dan kemampuan praktis dalam membuat compositing file menggunakan tools popular
- Memiliki pengetahuan dan kemampuan praktis dalam melakukan modifikasi hasil akhir
- Memiliki pengetahuan dan kemampuan praktis dalam melakukan render hasil komposisi menggunakan tools popular
|
11
|
Supervisor Animasi |
- Memiliki pengetahuan dalam pengawasan nilai mutu gerak visual (animation directing)
- Memiliki pengetahuan dalam pengawasan bidang penyutradaraan karya animasi (directing)
- Memiliki pengetahuan dalam melakukan pengawasan nilai mutu seni visual (art directing)
- Memiliki pengetahuan dalam melakukan pengawasan aspek teknik produksi dan alur kerja (technical directing)
- Memiliki kemampuan dalam melakukan pengawasan organisasi dan menyelia kegiatan produksi secara menyeluruh
(executing/producing ).
|
12
|
Audio Editor |
- Mampu melakukan perekaman suara digital dialog karakter dan non karakter
- Mampu melakukan penyuntingan suara dialog karakter non karakter
- Mampu melakukan perekaman efek khusus suarad. Mampu melakukan penyuntingan efek khusus suara
- Mampu melakukan perancangan dan pengawasan dalam hal perekaman suara sesuai dengan naskah cerita.
|
6. Kurikulum
Deskripsi kurikulum D4 Animasi:
- Total SKS: 145 SKS
- Masa studi 8 Semester
- Beban belajar berdasarkan Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 sebagai berikut:
- 1 (satu) sks pada proses pembelajaran berupa kuliah, responsi, atau tutorial, terdiri atas:
- kegiatan tatap muka 50 (lima puluh) menit per minggu per semester;
- kegiatan penugasan terstruktur 60 (enam puluh) menit per minggu per semester; dan
- kegiatan mandiri 60 (enam puluh) menit per minggu per semester.
- 1 (satu) sks pada proses pembelajaran berupa seminar atau bentuk lain yang sejenis, terdiri atas:
- kegiatan tatap muka 100 (seratus) menit per minggu per semester; dan
- kegiatan mandiri 70 (tujuh puluh) menit per minggu per semester.
- 1 (satu) sks pada proses pembelajaran berupa praktikum, praktik studio, praktik bengkel, praktik lapangan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan/atau proses pembelajaran lain yang sejenis, 170 (seratus tujuh puluh) menit per minggu per semester.
Semester 1 |
No |
Kode Matakuliah |
Nama Matakuliah |
Courses |
SKS |
Jam/Sesi |
Tot |
T |
P |
T |
P |
Tot |
1 |
AN101 |
Naskah Produksi Dasar |
Scriptwriting |
3 |
2 |
1 |
2 |
4 |
6 |
2 |
AN102 |
Menggambar Dasar |
Figure Drawing |
3 |
2 |
1 |
2 |
4 |
6 |
3 |
AN103 |
Desain Elementer |
Elementary of Design |
3 |
2 |
1 |
2 |
4 |
6 |
4 |
AN104 |
Pengantar Teknologi Informasi |
Introduction to Information & Technology |
4 |
3 |
1 |
3 |
4 |
7 |
5 |
AN105 |
Pengantar Animasi |
Introduction to Animation |
2 |
2 |
0 |
2 |
0 |
2 |
6 |
AN106 |
Ide Kreatif |
Creative Idea |
2 |
2 |
0 |
2 |
0 |
2 |
7 |
MPK101AN |
Pendidikan Agama |
Religious Study |
3 |
3 |
0 |
3 |
0 |
3 |
8 |
MPK102AN |
Olahraga |
Physical Education |
2 |
1 |
1 |
1 |
4 |
5 |
Total |
22 |
17 |
5 |
17 |
20 |
37 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semester 2 |
No |
Kode Matakuliah |
Nama Matakuliah |
Courses |
SKS |
Jam |
Tot |
T |
P |
T |
P |
Tot |
1 |
AN207 |
Naskah Produksi Lanjut |
Storyboarding |
3 |
2 |
1 |
2 |
4 |
6 |
2 |
AN208 |
Menggambar Lanjut |
Digital Drawing |
3 |
2 |
1 |
2 |
4 |
6 |
3 |
AN209 |
Desain Grafis |
Graphic Design |
3 |
2 |
1 |
2 |
4 |
6 |
4 |
AN210 |
Fotografi |
Photography |
3 |
2 |
1 |
2 |
4 |
6 |
5 |
AN211 |
Fisika |
Physic |
2 |
2 |
0 |
2 |
0 |
2 |
6 |
AN212 |
Animasi 2D |
2D Animation |
3 |
2 |
1 |
2 |
4 |
6 |
7 |
AN213 |
Budaya Visual |
Visual in Culture |
2 |
2 |
0 |
2 |
0 |
2 |
8 |
MPK203AN |
Bahasa Inggris |
English |
2 |
2 |
0 |
2 |
0 |
2 |
9 |
MPK204AN |
Bahasa Indonesia |
Bahasa |
3 |
3 |
0 |
3 |
0 |
3 |
Total |
24 |
19 |
5 |
19 |
20 |
39 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semester 3 |
No |
Kode Matakuliah |
Nama Matakuliah |
Courses |
SKS |
Jam |
Tot |
T |
P |
T |
P |
Tot |
1 |
AN315 |
Pemodelan 3D Dasar |
3D Modeling I |
3 |
2 |
1 |
2 |
4 |
6 |
2 |
AN316 |
Mekanika Gerak Digital |
Rigging |
3 |
2 |
1 |
2 |
4 |
6 |
3 |
AN317 |
Desain Karakter |
Character Design |
3 |
2 |
1 |
2 |
4 |
6 |
4 |
AN318 |
Matematika Diskrit |
Discrete Maths |
2 |
2 |
0 |
2 |
0 |
2 |
5 |
AN319 |
Konsep Seni |
Concept Art |
2 |
2 |
0 |
2 |
0 |
2 |
6 |
AN320 |
Pemodelan Tanah Liat |
Clay Modeling |
3 |
2 |
1 |
2 |
4 |
6 |
7 |
AN321 |
Kewirausahaan |
Enterpreneurship |
4 |
3 |
1 |
3 |
3 |
6 |
8 |
AN322 |
Penyuntingan Suara |
Audio Composing |
3 |
2 |
1 |
2 |
4 |
6 |
Total |
23 |
17 |
6 |
17 |
23 |
40 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semester 4 |
No |
Kode Matakuliah |
Nama Matakuliah |
Courses |
SKS |
Jam |
Tot |
T |
P |
T |
P |
Tot |
1 |
AN423 |
Pemodelan 3D Lanjut |
3D Modeling II |
3 |
2 |
1 |
2 |
4 |
6 |
2 |
AN424 |
Tekstur dan Bayangan |
Shading dan Texturing |
3 |
2 |
1 |
2 |
4 |
6 |
3 |
AN425 |
Animasi 3D Dasar |
3D Animation I |
4 |
2 |
2 |
2 |
8 |
10 |
4 |
AN426 |
Manajemen Produksi Animasi |
Animation Producing |
3 |
3 |
0 |
3 |
0 |
3 |
5 |
AN427 |
Kapita Selekta |
Special Topic in Animation |
6 |
4 |
2 |
4 |
6 |
10 |
6 |
AN428 |
Sinematografi |
Cinematograhpy |
3 |
2 |
1 |
2 |
4 |
6 |
Total |
22 |
15 |
7 |
15 |
26 |
41 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semester 5 |
No |
Kode Matakuliah |
Nama Matakuliah |
Courses |
SKS |
Jam |
Tot |
T |
P |
T |
P |
Tot |
1 |
AN529 |
Efek Visual |
VFX |
3 |
2 |
1 |
2 |
4 |
6 |
2 |
AN530 |
Digital Compositing |
Digital Compositing |
3 |
2 |
1 |
2 |
4 |
6 |
3 |
AN531 |
Animasi 3D Lanjut |
3D Animation II |
3 |
1 |
2 |
1 |
8 |
9 |
4 |
AN532 |
Proyek Internal |
Producing for Animation |
8 |
4 |
4 |
4 |
14 |
18 |
5 |
MPK607AN |
Komunikasi Bahasa Inggris |
English Communication |
1 |
0 |
1 |
0 |
4 |
4 |
Total |
18 |
9 |
9 |
9 |
34 |
43 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semester 6 |
No |
Kode Matakuliah |
Nama Matakuliah |
Courses |
SKS |
Jam |
Tot |
T |
P |
T |
P |
Tot |
2 |
AN633 |
Kesehatan & Keselamatan Kerja |
Workplace Safety and Health |
2 |
2 |
0 |
2 |
0 |
2 |
3 |
MPK605AN |
Kewarganegaraan |
Civics |
3 |
3 |
0 |
3 |
0 |
3 |
4 |
MPK606AN |
Pancasila |
Pancasila |
3 |
3 |
0 |
3 |
0 |
3 |
Total |
8 |
8 |
0 |
8 |
0 |
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semester 7 |
No |
Kode Matakuliah |
Nama Matakuliah |
Courses |
SKS |
Jam |
Tot |
T |
P |
T |
P |
Tot |
1 |
AN734 |
Pelaporan Kerja |
Job Reporting |
2 |
1 |
1 |
1 |
4 |
5 |
2 |
AN735 |
Magang Industri |
Internship |
10 |
0 |
10 |
0 |
40 |
40 |
3 |
AN736 |
Etika Profesi Dunia Kerja |
Work Ethics |
2 |
1 |
1 |
1 |
4 |
5 |
Total |
14 |
2 |
12 |
2 |
48 |
50 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semester 8 |
No |
Kode Matakuliah |
Nama Matakuliah |
Courses |
SKS |
Jam |
Tot |
T |
P |
T |
P |
Tot |
1 |
AN837 |
Tugas Akhir |
Final Project |
10 |
4 |
6 |
4 |
20 |
24 |
2 |
AN838 |
Penulisan Karya Ilmiah |
Scientific Writing |
2 |
2 |
0 |
2 |
0 |
2 |
3 |
MPK808AN |
Menulis Bahasa Inggris |
English I |
1 |
0 |
1 |
0 |
4 |
4 |
4 |
AN632 |
Matematika Statistik |
Statistics |
3 |
2 |
1 |
2 |
4 |
6 |
Total |
16 |
8 |
8 |
8 |
28 |
36 |