Politeknik Negeri Batam Beri Edukasi Teknologi ke Masyarakat Pasir Panjang

Politeknik Negeri Batam (Polibatam) kembali mengadakan pengabdian masyarakat di Pasir Panjang, Rempang Cate, Kecamatan Galang, Batam, Jumat (25/10/2019).

Dalam kegiatan kali ini, tim pengabdian masyarakat yang terdiri dari dosen dan mahasiswa jurusan teknik informatika menyampaikan beberapa materi. Diantaranya yakni, mendidik anak di era digital, sehat bermedia sosial, pengenalan Augmented Reality (AR) sebagai simulasi Alat Pemadam Api Ringan (APAR), serta sosialisai kebakaran dan latihan penggunaan APAR.

Kegiatan ini dibuka Ketua Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan, Evaliata Br Sembiring. Ia berharap, kegiatan ini dapat diaplikasikan dan diterapkan pada kehidupan masyarakat serta menjunjung kehidupan sosial yang lebih baik. Nur Zahrati Janah selaku pemateri pertama mengatakan bahwa saat ini perkembangan teknologi digital sangat pesat. Oleh karena itu, orang tua harus terus belajar dan mengembangkan diri agar dapat mendampingi anak dan memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan potensi anak.

“Jika penggunaan teknologi digital secara tepat, maka akan sangat bermanfaat bagi penggunanya, tetapi jika digunakan secara berlebihan akan berdampak negatif,” ujarnya.

Berbicara tentang teknologi digital, maka berhubungan dengan media sosial. Oleh sebab itu, masyarakat harus sehat dalam menggunakan media sosial. Ada 3 cara sehat berinteraksi di media sosial yang harus diperhatikan, yaitu menulis, menanggapi, dan meneruskan.

“Kami disini mengajak warga untuk sehat saat berinteraksi di media sosial, karena ada hal yang boleh dilakukan dan ada yang harus dijauhi di media sosial, misalnya boleh menulis dan menyebarkan informasi yang benar dan bermanfaat saja. Namun tidak boleh menulis dan menyebarkan informasi bohong atau hoaks,” ujar Pemateri kedua yaitu Nelmiawati.

Setelah penyampaian materi mengenai teknologi dan media sosial, kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan Augmented Reality (AR) sebagai Simulasi Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang disampaikan oleh Iwan. Tidak hanya perkenalan saja, warga juga langsung latihan menggunakan APAR saat terjadi kebakaran. Warga tampak sangat antusias mengikuti setiap kegiatan.

Sementara itu, Nashrullah sebagai ketua kegiatan pengabdian ini menyatakan bahwa, dalam pengabdian masyarakat ini pihaknya memberikan 2 APAR untuk warga Pasir Panjang. “Semoga APAR ini bisa bermanfaat untuk warga sekitar,” pungkasnya.

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menjalankan salah satu misi Politeknik Negeri Batam, yaitu melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Dengan diadakannya pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat menciptakan masyarakat yang memiliki kesadaran tinggi akan potensi diri dan lingkungan sekitarnya.

https://www.batamnews.co.id/berita-54980-politeknik-negeri-batam-beri-edukasi-teknologi-ke-masyarakat-pasir-panjang.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *