Pengabdian Masyarakat Pelatihan Flip Book Animasi

Civitas Politeknik Negeri Batam mengadakan pengabdian masyarakat di SDN 002 Pasir Panjang, Rempang Cate, Kecamatan Galang, Batam, Sabtu (5/10) pukul 07.00 s/d 12.00.
Pengabdian masyarakat tersebut bertajuk “Pelatihan Animasi Sederhana dengan Media Flip Book untuk Meningkatkan Kreativitas Anak-anak Hinterland”.

Flip book adalah susunan rangkaian gambar dalam buku yang terlihat seakan-akan bergerak jika halamannya dibalik secara cepat. Koordinator Pelaksana, Selly Artaty Zega, S.ST., M.Sc, mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan pengalaman baru yakni mengetahui bagaimana cara kerja membuat animasi secara sederhana. Selain itu, kegiatan ini turut meningkatkan kreativitas anak, melatih anak untuk fokus dan sabar serta mengembangkan imajinasinya.

Bukan hanya kesabaran anak-anak SDN 002 yang dilatih, namun juga kesabaran para pengajar flip book yang merupakan dosen, laboran serta mahasiswa Polibatam. “Ada peserta yang berhasil menyelesaikan gambar 64 halaman, ada juga yg melanjutkannya di rumah,” ungkapnya.

Riwinoto, S.T., M.T selaku ketua KKT GMT, menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program pengabdian KKT (kelompok keahlian terapan) Game & Multimedia Technology (GMT) tahun 2019.

Pelatihan ini diikuti 53 peserta yang merupakan siswa dan siswi kelas 1 hingga 6 SD.

Anak-anak semakin tertarik ketika melihat gambar di buku Upik & Pohon Ajaib karya Happy Yugo Prasetya, S.Sn., M.Sn., yang terlihat bergerak jika halaman-halamannya dibalik dengan cepat. Happy Yugo Prasetya sekaligus menjadi pemateri pada pengabdian tersebut. Rahmi, siswi kelas 3 SDN 002, salah satu siswi yang menyukai kegiatan ini menjadi peserta pertama yang dapat menyelesaikan gambar flip book sebanyak 64 halaman. Menurut Wakil Kepala Sekolah SDN 002, Wildan, baru kali ini ada program kreativitas anak di sekolah tersebut dan berharap semoga di lain waktu, pengabdian ini dapat dilanjutkan kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *