Kuliah Umum “Inside-Outside Produksi Animasi”

“All our dreams can come true, if we have the courage to pursue them”, by Walt Disney menjadi slide pertama yang disampaikan oleh Daniel Yusuf, narasumber pada Kuliah Umum bertema “Inside Outside Animation Production”.

Kuliah umum yang telah dilaksanakan pada Selasa, 11 September 2019 menjadi kesempatan bagi mahasiswa prodi Animasi dan Multimedia & Jaringan untuk mendapatkan pemaparan tentang proses pra-produksi, produksi dan pasca produksi film animasi dari pihak industri. Daniel Yusuf merupakan Co-founder sekaligus senior animator Zettamind Studios. Pengalamannya sejak tahun 2012 di bidang animasi, menjadi insipirasi bagi mahasiswa yang dituangkan dalam sesi pemaparan kuliah umum tersebut. Semangat mahasiswa semakin tergugah ketika sesi diskusi dibuka yang dimoderatori oleh Supardianto, S.ST., M.Eng. Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh peserta untuk mengupas pembuatan animasi melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Kuliah umum ini menjadi bagian dari pokok bahasan matakuliah Pengantar Teknologi Informasi prodi MJ dan AN. Matakuliah yang dikoordinatori oleh Evaliata BR. Sembiring, S.Kom., M.Cs. bersama dengan team teaching PTI Ega Florentina dan Ahmad Saropi, menghadirkan praktisi dari industry animasi untuk memberikan wawasan kepada para mahasiswa dan juga dosen. Melalui kesempatan ini para peserta kuliah umum dapat bertanya secara langsung pengalaman praktisi industry dalam menghasilkan film animasi.

Para peserta sangat antusias dalam bertanya, seperti SDM di industri animasi, tahapan dalam proses pra dan pasca produksi, serta diskusi terkait anime yang sedang menjadi perbincangan seperti “kimi no nawa” maha karya dari makoto shinkai.

Diskusi diakhiri dengan pertanyaan tentang proses strategi pemasaran film animasi dan cara berkolaborasi dengan bidang lain yang sedang digandrungi saat ini. Harapannya, melalui kuliah umum ini, mahasiswa mendapat gambaran dan semangat untuk terlibat di industri animasi, dan bersiap menjadi animator kelas dunia seperti yang disampaikan Selly Artaty Zega, S.ST., M.Sc dalam pembukaan kuliah umum tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *