Sosialisasi rute jalur pelayaran efektif berbasis analisis medan di kelurahan sembulang

Pada hari (Selasa, 24 Sept 2019) telah berhasil dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema ” Intensifikasi Jalur Trasnportasi Laut Dalam Mendukung Kegiatan Pelayaran Nelayan Melalui Sosialisasi Rute Jalur Pelayaran Efektif Berbasis Analisis Medan Di Kelurahan Sembulang”.

Pada pengabdian kali ini, dilaksanakan pemaparan materi mengenai ukuran kapal nelayan serta kaiatannya dengan regulasi terkit oleh Sapto Wiratno Sutoto (Dosen Desain & Konstruksi Kapal, Teknik Mesin). M. Zainuddin Lubis (Dosen Survei Hidrografi, Teknik Geomatika) juga memberikan penjelasan mengenai pertimbangan apa saja yang perlu diperhatikan dan dipahami dalam menentukan alur pelayaran di wilayah perairan Kepulauan Riau, khususnya Sembulang. Warga terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan acara ini.

Hal ini didasari dari ketertarikan warga yang selama ini hanya mengandalkan pengalaman dan insting dlm bekerja juga berlayar untuk mengetahui pemahaman hal tersebut dalam aspek akademis dan teknologi. Adapun acara ditutup dengan penyerahan Peta Daya Dukung Alur Pelayaran di Perairan Sembulang dengan ukuran A0 kepada Rizal Lesmana selaku Lurah Sembulang dan perwakilan warga. Diharapkan produk ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber informasi pendukung bagi nelayan lokal dan pengguna transportasi laut dalam melakukan kegiatannya.

Demikian ringkasan kegiatan yang berhasil Tim kami laksanakan, semoga kedepannya tim pengabdian IF juga diberi kelancara dan kemudahan disetiap tahap kegiatannya.

Salam Semangat,
LR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *