Teknik Informatika

Teknik Informatika merupakan program studi yang mengkhususkan pada pengembangan aplikasi software dan hardware untuk tujuan tertentu. Lulusan memiliki keterampilan yang baik di bidang pemrograman dan jaringan serta kemampuan tambahan di bidang multimedia.

1. Visi Program Studi DIII Teknik Informatika

Menjadikan Jurusan teknik informatika sebagai penghasil sumberdaya yang berkompetensi di bidang rumpun ilmu teknik informatika

2. Misi Program Studi DIII Teknik Informatika

a. Menyelenggarakan pendidikan vokasi terbaik di Indonesia di bidang informatika
b. Melakukan riset aplikatif berbasis kemitraan dengan industri dan masyarakat bidang informatika
c. Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya di bidang informatika

3. Kompetensi Lulusan

Setiap lulusan Program Studi DIII Teknik Informatika memiliki kompetensi :

  1. Mampu membuat suatu aplikasi perangkat lunak
  2. Mampu membuat aplikasi berbasis mobile
  3. Mampu melakukan perakitan, perawatan dan perbaikan komputer
  4. Mampu mendesain, membangun, menginstalasi serta troubleshooting jaringan
  5. Mampu membuat dan menjalankan administrasi sebuah website
  6. Mampu mendesain sebuah website
  7. Mampu membuat animasi 2 dimensi dan desain gambar
4. Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) program studi D3 Teknik Informatika telah merujuk pada SN-Dikti (Permendikbud No 49 tahun 2014) dan memiliki level sesuai dengan jenjang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia/KKNI (Perpres No.8 Tahun 2014). Setiap lulusan program studi D3 Teknik Informatika memiliki capaian pembelajaran sebagai berikut:

   1.  SIKAP DAN TATA NILAI:
  1.  Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2.  Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3.  Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4.  Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5.  Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6.  Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7.  Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8.  Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9.  Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10.  Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  11.  Adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi dan bekerja sesuai dengan standard operational procedure di lingkungan kerja serta menerapkan prinsip kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja.
   2.  PENGUASAAN PENGETAHUAN:
  1. Menguasai konsep teoretis matematika dan dasar rekayasa untuk software (engineering foundations for software) dalam pengembangan perangkat lunak aplikasi;
  2. Menguasai pengetahuan tentang algoritma fundamental didasarkan pada pemikiran logis yang berkaitan dengan struktur data dan manipulasinya, bahasa-bahasa pemrograman, arsitektur dan organisasi komputer, sistem operasi komputer, serta jaringan komputer;
  3. Menguasai pengetahuan konseptual matematika diskrit untuk menyelesaikan problem-problem komputasi;
  4. Menguasai konsep teoritis tentang metode pengujian unit/modul perangkat lunak aplikasi meliputi pendekatan blackbox dan whitebox functional testing;
  5. Menguasai pengetahuan tentang desain basis data baik secara konseptual, logical dan physical;
  6. Menguasai pengetahuan faktual tentang codes dan standard dalam menjaga kualitas pengembangan perangkat lunak aplikasi (ISO 12207 tentang Software Development Process) dan penyusunan dokumentasinya (IEEE Std 829-1998 tentang Software Test Documentation, dan IEEE Std 1016™-2009 tentang Software Design Description);
  7. Menguasai prinsip dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan;
  8. Menguasai ilmu manajemen dan teori tata kelola organisasi;
  9. Menguasai pengetahuan faktual tentang variasi bisnis proses dan standar operation procedure dalam perusahaan kecil dan menengah (jumlah pegawai < 100);
  10. Menguasai pengetahuan faktual tentang capability maturity model untuk proses organisasi dalam menerapkan teknologi informasi dan komunikasi;
  11. Menguasai prinsip dan cara mengumpulkan (gathering), menyimpan (storing), dan mengelola (organizing) informasi dengan mempertimbangkan issue keamanan data, kebutuhan informasi, integritas data dan inovasi teknologi informasi dengan mengacu standar ISO 27002 (keamanan dan kontrol informasi);
  12. Menguasai prinsip dan issue terkini tentang etika, social organisasi, legal dan ekonomi; dan
  13. Menguasai pengetahuan tentang perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
   3.  KETERAMPILAN KHUSUS:
  1. Mampu mengelola administrasi sistem jaringan komputer;
  2. Mampu melakukan perakitan, perawatan, dan perbaikan komputer;
  3. Mampu mendesain, membangun, dan menginstalasi jaringan komputer untuk kategori LAN, WAN, intranet ataupun internet;
  4. Mampu menganalisis atau mengevaluasi lalulintas jaringan agar lebih efisien;
  5. Mampu melakukan troubleshooting masalah jaringan.
  6. Mampu menerapkan matematika dan dasar rekayasa untuk software (Engineering Foundations for software) dalam pengembangan perangkat lunak aplikasi dengan kebutuhan yang telah didefinisikan oleh sistem analis melalui Software Requirements Specifications (SRS);
  7. Mampu melakukan transformasi model penyelesaian masalah menjadi algoritma didasarkan pada pemikiran logis dan inovatif;
  8. Mampu melakukan pengujian fungsional pada algoritma yang telah dibuat dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;
  9. Mampu melakukan transformasi algoritma menjadi source program dengan bahasa pemrograman terkini yang sesuai dengan platform teknologi yang dipersyaratkan pada Software Requirements Specifications (SRS);
  10. Mampu melakukan Unit testing dan penelusuran pada source code perangkat lunak aplikasi (tracing & debug) menggunakan pendekatan blackbox dan whitebox functional testing;
  11. Mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi model proses dan model data secara konseptual, lojikal dan fisik berdasarkan Software Requirements Specifications (SRS) yang telah didefinisikan;
  12. Mampu mendokumentasikan perangkat lunak aplikasi menggunakan standar dokumen yang berlaku serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
  13. Mampu menerapkan konsep matematika dan domain sistem informasi spesifik guna meningkatkan proses dan kinerja organisasi menggunakan teknologi informasi dan komunikasi;
  14. Mampu merancang dan mengimplementasikan bisnis proses dan standard operation procedure dalam perusahaan kecil dan menengah dengan kebutuhan sistem informasi yang telah didefinisikan oleh sistem analis;
  15. Mampu mengumpulkan (gathering), menyimpan (storing), dan mengelola (organizing) informasi dengan mempertimbangkan issue keamanan data, kebutuhan informasi, integritas data dan inovasi teknologi informasi dengan mengacu standar ISO 27002 (keamanan dan kontrol informasi); dan
  16. Mampu menggunakan teknologi komputer terkini dan mengetahui dampak penggunaannya terhadap peningkatan proses dan kinerja organisasi (Capability Maturity Model).
   4.  KETERAMPILAN UMUM:
  1. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas melalui pengembangan perangkat lunak aplikasi dengan menerapkan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku;
  2. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur;
  3. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya, didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;
  4. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih, serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
  5. Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovasi dalam pekerjaannya;
  6. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan
  9. Mampu mengenali kebutuhan, melakukan adaptasi dan mendemonstrasikan kemampuan dalam melanjutkan pengembangan diri (belajar sepanjang hayat).
5. Kurikulum
Semester I
Kode Nama SKS Jam Comp Kelompok Kuliah
TEORI PRAKTEK TOTAL
IF101 Dasar Pemrograman 4 3 4 7 MKK
 IF102 Organisasi Komputer 3  2 4 6  MKK
 IF103 Matematika  2 2 0 2 MKK
 IF104 Pengantar Teknologi Informasi 3  2  4  6  MKK
 IF105 Pengantar Basis Data  4 3  4 7 MKK
 MKU001 Olahraga I  1 0  4 4 MKU
MPK001 Pendidikan Agama  2 2  0 2 MPK
 MPK004 Bahasa Indonesia  2 2  0 2 MPK
 Jumlah 8  21 16  20 36   MPK
Semester II
Kode Nama SKS Jam Comp Kelompok Kuliah
TEORI PRAKTEK TOTAL
IF206 Rekayasa Perangkat Lunak I 3 2 4 6 MKB
IF207 Pemrograman Basis Data 4 3 4 7 MKB
IF208 Pemrograman Web 3 2 4 6 MKB
IF209 Jaringan Komputer 3 2 4 6 MKB
IF210 Sistem Operasi 3 2 4 6 MKK
IF211 Statistika 2 2 0 2 MKK
Jumlah 6 18 13 20 33
Semester III
Kode Nama SKS Jam Comp Kelompok Kuliah
TEORI PRAKTEK TOTAL
IF312 Rekayasa Perangkat Lunak II 3 3 0 3 MKB
IF313 Pemrograman Berorientasi Objek 4 3 4 7 MKB
IF314 Interaksi Manusia Komputer 3 2 4 6 MKB
IF315 Administrasi Sistem Komputer 3 2 4 6 MKB
IF316 Sistem Informasi 4 3 4 7 MKB
IF317 Data Mining 3 2 4 6 MKB
Jumlah 6 20 16 20 36
Semester IV
Kode Nama SKS Jam Comp Kelompok Kuliah
TEORI PRAKTEK TOTAL
IF418 Proyek Akhir I 4 4 0 4 MPB
IF419 Kewirausahaan 2 2 0 2 MPB
IF420 Bahasa Inggris I 3 3 0 3 MKK
IF421 Pemrograman Berbasis Perangkat Keras 2 0 8 8 MKB
IF422 Kecerdasan Buatan 2 2 0 2 MKB
IF423 Jaringan Komputer Lanjut 3 2 4 6 MKB
IF424 Multimedia 3 2 4 6 MKB
Jumlah 7 19 15 16 31
Semester V
Kode Nama SKS Jam Comp Kelompok Kuliah
TEORI PRAKTEK TOTAL
IF525 Etika Profesi Dunia Kerja 2 0 8 8 MBB
IF526 Magang Industri 4 0 16 16 MBB
IF527 Pelaporan Kerja 2 0 8 8 MBB
IF528 Proyek Akhir II 6 6 0 6 MPB
Jumlah 4 14 6 32 38
Semester VI
Kode Nama SKS Jam Comp Kelompok Kuliah
TEORI PRAKTEK TOTAL
IF629 Kesehatan dan Keselamatan Kerja 2 2 0 2 MBB
IF630 Bahasa Inggris II 3 3 0 3 MKK
IF631 Proyek Akhir III 6 6 0 6 MPB
IF632 Pemrograman Perangkat Bergerak 3 1 8 9 MKB
MKU002 Olahraga II 1 0 4 4 MPK
MPK002 Pancasila 2 2 0 2 MPK
MPK003 Kewarganegaraan 2 2 0 2 MPK
Jumlah 7 19 15 0 26

Kelompok Kuliah:

  • Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
  • Matakuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK)
  • Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB)
  • Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB)
  • Matakuliah Berkehidupan Bersama (MBB)
6. Peluang Kerja Lulusan

Lulusan dapat bekerja sebagai posisi :

  1. Programmer
  2. Mobile Application Developer
  3. IT Support
  4. Administrator Jaringan
  5. Administrator Web
  6. Desainer Web
  7. Desainer Grafis

 Lulusan Program Studi Teknik Informatika, telah berhasil terserap di dunia usaha dan industri, diantaranya perusahaan IT, BUMN, perusahaan pertambangan, perusahaan manufaktur, perbankan, Pegawai Negeri Sipil, dan wirausaha.