Tim PKM Polibatam Lolos PIMNAS

Oleh: M. Zainuddin Lubis

Polibatam Mengukir sejarah baru, Oleh TIM Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Polibatam tahun 2018. Pertama, dari sekian banyaknya universitas yang ada di batam, Politeknik Negeri Batam mampu menunjukkan kualitas daya saingnya di ajang bergengsi dalam kegiatan Mahasiswa dan Dosen seluruh Indonesia. Hal ini dapat dinyatakan oleh salah satu Dosen Pendamping dari mahasiswa dan mahasiswi yang mendapatkan tiket untuk berkanca di ajang bergengsi seluruh PTN dan PTS di Indonesia (dari Sabang- Merauke). Beliau (Muhammad Zainuddin Lubis, S.I.K., M.Si) dari Program Studi Teknik Geomatika- Jurusan Teknik Informatika, dan mahasiswa/ Mahasiswi (Amanda T Siboro, Feby Angelin Garizi dari Program Studi Teknik Geomatika, bekerjasama dengan Sarnaen Simanjuntak yang berasal dari Program Studi Teknik Mekatronika, Ketiga mahasiswa/I tersebut adalah mahasiswa angkatan 2016. Kedua, Bidang yang diikuti dalam ajang PKM ini yaitu: PKM-KC (Program Kreativitas Mahasiswa- Karsa Cipta), dengan Judul : Rancang Bangun Alat PSP (Penampung Sampah Portable).

Ketiga, Hal ini berawal dari adanya gagasan dengan melihat perkembangan teknologi di era sekarang ini. Judul dalam PKM kami yang termasuk dalam PKM-KC (Program Kreativitas Mahasiswa- Karsa Cipta). Harapan besar dari Tim PKM-KC ini yaitu dapat menyumbangkan sebuah alat yang mampu bersaing di kelas Nasional dalam tahapan awal ini. Nantinya, alat ini dapat menjadi alat yang mampu mengatasi banyaknya permasalahan sampah, terutama dilingkungan kepulauan yang ada di Indonesia. Alat tersebut menggunakan konsep hemat energi, memiliki bahan yang tergolong ekonomis, dengan perancangan yang sudah di desain dengan detail sebelumnya. Penelitian ini juga diharapkan dapat bermanfaat untuk instansi pemerintahan dan swasta yang ada terutama di Batam, sebagai penerobos alat pembersih sampah Portable yang ekonomis dan hemat energi.

Keempat, Kelak hasil dari Rancang bangun ini, akan tetap di perbaiki jika terdapat kekurangan, baik pada material, instalasi pada alat. Kami tetap akan berusaha untuk memaksimalkan alat ini, dan ingin membawa alat ini mendunia, nantinya (Ujar Dosen Prodi Teknik Geomatika) tersebut. Kami juga tidak akan lupa untuk mempublikasikannya dengan cara membuat artikel ilmiah sampai kepada indeks SCOPUS yang saat ini sangat semarak bagi peneliti dan dosen yang ada di Indonesia.

Kelima, Semoga hasil ini dapat menjadi cambuk semangat bagi mahasiswa, serta dosen khususnya di jurusan teknik informatika, dengan hal ini kami berharap akan semakin banyak lagi yang ingin bergabung di ajang PKM pendanaan tahun 2019. Hasil ini juga akan menjadi tolak ukur generasi muda saat ini, terutama di wilayah Kepulauan Riau, Batam, Indonesia.

 

Salam TIM PKM Polibatam

Tahun 2018/2019

PKM Polibatam, BISA!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *