“Enhanced Of Proximity” Film Pendek MJ16

Teknik Multimedia dan Jaringan. Festival film ini merupakan festival film pendek pertama yang diadakan di Politeknik Negeri Batam. Pesertanya merupakan mahasiswa Teknik Multimedia dan Jaringan angkatan 2016 yang mengambil matakuliah Videografi, kata Liony Lumombo penggagas Film Pendek dengan tema “Enhanced Of Proximity,” Kamis (17/5).

Liony Lumombo sebagai koordinator matakuliah menjelaskan, festival ini merupakan bagian dari perkuliahan videografi sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan matakuliah tersebut. Terdapat 28 judul film pendek dari 5 kelas angkatan 2016 yang terbagi atas 3 tema besar yaitu Company Profile Geomatika Polibatam, Dokumenter dan Film Fiksi.

Festival ini dibuka oleh Bapak Agus Fatulloh sebagai Kajur Teknik Informatika Polibatam dan dihadiri kurang lebih 500 penonon yang berasal dosen, staf, mahasiswa polibatam serta beberapa undangan dari luar polibatam diantaranya adalah Pewarta Foto Batam. Pada kesempatan ini Pewarta Foto Batam juga menyerahkan Plakat kepada Politeknik Negeri Batam atas keikutsertaan dalam kegiatan Anugerah Pewarta Foto 2018 yang diadakan akhir April lalu di Alun-Alun Engku Putri.

Pada saat pemutaran Film berlangsung bapak Dr. Priyono Eko Sanyoto sebagai dikrektur Polibatam menyempatkan hadir menyaksikan pemutaran film serta memberikan arahan. Beliau mengaharapkan festival ini menjadi agenda tahunan di Polibatam dan film-film pendek terbaik bisa diikutsertakan dalam perlombaan film pendek tingkat nasional maupun internasional.

Penonton yang hadir juga sempat memberikan testimoni mengenai film-film yang ditayangkan serta dekorasi ruangan. Mereka berharap acara seperti ini dapat diadakan tiap tahun dengan film-film berdurasi lebih lama.

Pemutaran film berlangsung dari pukul 10.00 – 17.00 ditutup dengan pengumuman film pendek terbaik untuk setiap kategorinya. Kategori Company Profile Geomatika Polibatam adalah kelas MJ4C Reguler. Pulau Penyengat Indra Sakti dari kelas MJ4A Karyawan menjadi film dokumenter terbaik. Tema fiksi sebagai kategori terbanyak yang diikuti mendapatkan 3 peringkat terbaik dengan 4 judul film yaitu terbaik 1 “Katanya” dari kelas MJ4A Karyawan. Terbaik 2 “Suara Bibir” kelas MJ4A Reguler serta terbaik 3 dengan 2 judul film “Dekade” MJ4A Karyawan dan  “The Forest” MJ4A Reguler.

Galery Festival Film Pendek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *