Program Terobosan Baru Politeknik Negeri Batam

Acara Peresmian sekaligus Orientasi Akademik Mahasiswa Baru Kelas Industri Tahun Ajaran 2017/2018 diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Batam pada kamis malam (9/02/2017) bertempat di Movie Room, Lantai 4 Plaza Batamindo, Mukakuning. Program Kelas Industri di Kawasan Batamindo merupakan terobosan baru di bidang pendidikan yang diwujudkan Politeknik Negeri Batam lewat kerjasama dengan PT Batamindo Investment Cakrawala selaku pihak pengelola kawasan. Acara yang berlangsung malam hari, pukul 19.00 WIB hingga 21.00 WIB tersebut dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru dan pihak Manajemen Politeknik Negeri Batam. Jumlah keseluruhan mahasiswa yang lolos seleksi ujian masuk Kelas Industri sebanyak 70 Orang dengan rincian, 22 mahasiswa D3 Akuntansi, 18 mahasiswa D3 Teknik Informatika, 11 mahasiswa D3 Teknik Elektro dan 19 mahasiswa D3 Teknik Mesin. Sebelumnya, sebanyak 417 orang peserta dari berbagai perusahaan di Batam mengikuti ujian tes masuk yang dilaksanakan dalam 4 gelombang di Kampus Politeknik Negeri Batam di Jalan Ahmad Yani.

Mewakili Manajemen Politeknik Negeri Batam, Bambang Hendrawan selaku Pembantu Direktur II Bidang Akademik, Administrasi Umum dan Keuangan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Program ini dilaksanakan sebagai wujud mendekatkan Politeknik dengan Industri. “Kita memang punya keinginan untuk lebih banyak mendekatkan diri dengan industri dan kemudian Batamindo ternyata juga punya program untuk bisa memberikan fasilitas tambahan di kawasan berupa pusat pendidikan.” Ujarnya. Di lain pihak, Tjitro Soemarto, selaku Senior Manager HRD Batamindo sangat mengapresiasi kerjasama ini dan menyampaikan bahwa program ini merupakan suatu terobosan besar. “Dengan dukungan berbagai institusi dan semangat pantang menyerah, kita dapat mewujudkan tugas mulia di Indonesia, khususnya di Batamindo. Kejadian hari ini, pembukaan hari ini merupakan suatu lompatan besar, suatu terobosan besar”. Ucap beliau.

Masih menurut Tjitro, Kelas Industri dirancang untuk memberikan manfaat diantaranya, dapat mengoptimalkan karyawan industri yang mempunyai kompetensi, mendukung penyesuaian kultur dan mengurangi gap antara pendidikan dan industri, memberikan kemudahan melalui fasilitas pendidikan yang murah dan dekat dengan karyawan yang tinggal di dormitori dan untuk masyarakat pada umumnya serta kemudahan akses dan fleksibilitas jadwal perkuliahan.

Ke depannya, Program Kelas Industri akan terus di pantau dan di evaluasi untuk melakukan penyesuaian antara kurikulum dan kebutuhan industri. Selain itu rencana pengembangan masih terus dilakukan dengan adanya wacana pembukaan Kelas Industri di kawasan Sekupang. “Kami sedang menjajaki pembukaan kampus di Sekupang. Ada beberapa tempat salah satu alternatifnya di Kantor PCI dulu. Fokusnya nanti untuk kampus Teknik seperti Mekatronika dan Mesin.” Ujar Bambang. Disampaikan Tjitro, dukungan dan masukan dari rekan-rekan industri sangat dibutuhkan demi meningkatkan dan memajukan kegiatan perkuliahan terutama terkait sumbangan infrastruktur, mobilisasi dana CSR, dan pelaksanaan sistem motivasi lewat training work dengan mengirimkan karyawannya untuk bergabung di Kelas Industri. Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai bentuk peresmian Program Kelas Industri Di Kawasan Batamindo secara simbolis diwakili oleh Bambang dan Tjitro, dan di tutup dengan doa bersama dipandu Bapak Zainuddin.

Informasi Pendaftaran Kelas Industri :

POLITEKNIK NEGERI BATAM

Jl. Ahmad Yani, Batam Center, Batam 29461 Kepulauan Riau

Telepon: +62-778-469856 | Fax: +62-778-463620

Web: http://registrasi.polibatam.ac.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *