POLIBATAM CYBERSECURITY AWARENESS

Dalam rangka memperingati dan menyebarluaskan kepedulian terhadap Keamanan Siber (Cybersecurity Awareness) di kalangan remaja NKRI khususnya Provinsi Kepulauan Riau kota Batam, tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Teknik Informatika yang terdiri atas beberapa dosen dan mahasiswa Jurusan Teknik Informatika mengadakan sosialisasi “Internet Sehat dan Aman untuk Remaja Kota Batam”. Ibarat pisau bermata dua, Internet dapat digunakan untuk hal positif dan negatif. Sosialisasi ini juga memperkenalkan UU ITE No. 11 tahun 2008, sebagai undang-undang yang mengatur etika dalam ber-Internet sekaligus melindungi pengguna Internet dari berbagai kasus degradasi moral yang marak terjadi di kalangan remaja masa kini seperti cyber bullying, pornografi, pencurian identitas, pelanggaran hak cipta, korban penculikan, penipuan, dan lain sebagainya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi sudah sangat berpengaruh dalam kehidupan kita, seperti penggunaan Internet dalam kehidupan sehari – hari terutama untuk kalangan remaja baik itu untuk bersosial media (menunjukkan ekistensi diri) maupun untuk menambah wawasan dan mengerjakan tugas – tugas yang diberikan sekolah.
Sosialisasi yang diadakan oleh tim pengabdian masyarakat Polibatam ini mendapatkan tempat di hati para remaja. Hal ini terbukti dengan tingginya antusias para peserta untuk hadir dan mengikuti setiap rangkaian acara yang disajikan. Ada sebanyak 110 orang remaja yang terlibat dalam acara yang digelar 2 kali yaitu di HKBP Lubuk Baja pada 30 Oktober 2016 dan di Pondok Pesantren Abdul Dohir pada 13 November 2016 silam. Dalam acara ini diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya pemberian materi berupa ceramah, ada sesi tanya jawab dan tidak lupa juga ada sesi pemberian hadiah bagi peserta yang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pembawa acara.

Dalam acara ini, tim pengabdian juga menyebarkan angket untuk mengetahui sejauh apa penggunaan internet di kalangan remaja. Dari hasil pengolahan angket sebanyak 50.52% para remaja sudah menggunakan Internet untuk belajar dan mencari tugas sekolah dan 42.27% penggunaan Internet digunakan untuk media sosial. Angka ini cukup menjadi perhatian dimana penggunaan Internet sudah tidak asing lagi, terutama dalam ber-media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, Youtube, dan lain sebagainya.

Respon yang positif diberikan oleh para peserta acara sosialisasi ini dimana sebanyak 98% dari peserta mengatakan setuju dan sangat setuju untuk diadakan sosialisasi serupa tentunya dengan konten yang berbeda tapi menambah wawasan mereka tentang Internet. Bahkan para peserta yang masih belia ini bersedia bersedia untuk menyebarluaskan sosialisasi seperti ini di sekolah SMP dan SMA nya masing-masing karena mereka merasakan manfaat positif dari acara sosialisasi ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *