Tim DHAN dari Politeknik Negeri Batam, Mulai siapkan Project untuk Ajang Kompetisi Informatika Internasional IMAGINE CUP RUSIA 2013

Imagine Cup adalah ajang kompetisi teknologi untuk mahasiswa yang diadakan oleh Microsoft. Microsoft menantang teman-teman tuk mewujudkan hal tersebut dengan menyelenggarakan Imagine Cup 2013 yang kali ini finalnya diadakan di Rusia.

Imagine Cup diadakan secara rutin setiap tahun, dan tahun 2013 mendatang memasuki tahun ke 12 yang akan diadakan di Rusia. Kompetisi ini terbuka bagi perorangan atau tim dengan usia minimum 18 tahun.

Tema Imagine Cup untuk tahun 2013 ini masih sama dengan tahun lalu yaitu “Imagine a world where technology helps solve the toughest problems”.

Tema Imagine Cup mengambil pemikiran dari 8 Millenium Development Goals (MDGs) dari United Nations (PBB), yaitu:

1. Mengentaskan Kemiskinan dan Kelaparan

2. Pendidikan Dasar yang Merata

3. Emansipasi Wanita

4. Mengurangi Kematian Anak

5. Meningkatkan Kesehatan Ibu Hamil

6. Memerangi HIV/AIDS, Malaria dan Penyakit-Penyakit Lainnya

7. Memelihara Kelestarian dan Keberlangsungan Lingkungan

8. Mengembangkan Kerja Sama Global

Dalam sepuluh tahun, Imagine Cup telah menjadi kompetisi global yang berfokus pada pencarian solusi untuk masalah utama di dunia ini. Sejak tahun 2003, sebanyak 1.4 juta siswa telah berpartisipasi dan pada Imagine Cup 2011 terdaftar 358.000 peserta dari 183 negara.

Ya tentu saja, Kampus-kampus ternama di Indonesia yang pernah bergabung dalam Imagine CUP diantaranya : Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI),Institut Teknologi Telkom Bandung (IT Telkom), Universitas Gajah Mada (UGM).

Kali ini, Tim DHAN dari Politeknik Negeri Batam yang terdiri dari David Primadi (Teknik Informatika, Semester 5), Handry Elsharry Adriyanto (Teknik Informatika, semester 5), Andri Ari Pratama (Teknik Informatika, semester 3), dan Nurhalifah (Teknik Informatika, semester 1) serta Dosen Pembimbing, Metta Santiputri, MSc telah bergabung dalam kompetisi ini.

Untuk itu, Tim DHAN masih fokus menyiapkan project sebaik mungkin untuk kompetisi tahun depan. Semoga ini adalah Bentuk Perubahan Politeknik Negeri Batam untuk kembali mempersembahkan prestasi di ajang Internasional seperti Tim Robot Politeknik Negeri Batam yang pernah menjadi Sang Juara!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *